Angkasa Pura 2

Ditjen Hubdat Tawarkan Mudik Gratis dengan Kapal RoRo ke Tiga Kota

KoridorJumat, 27 April 2018
Budi Setiyadi

JAKARTA (BeritaTrans.com)- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mempersiapkan sejumlah sarana dan langkah strategis untuk menyambut penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018. salah satunya di sektor Ditjen  Perhubungan Darat (Hubdat) yang menyediakan 1.130 bus mudik gratis yang dapat menampung lebih dari
50.000 pemudik. Selain itu juga disiapkan  mudik gratis  menggunakan kapal penyeberangan Roll On-Roll Off (Ro- Ro).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi, mengungkapkan bahwa mudik adalah sebuah keniscayaan bagi penduduk Jabodetabek. Dari hasil jajak pendapat yang dihimpun Litbang Harian Kompas selama 24 Februari hingga 6 Maret 2018 ditemukan bahwa lebih dari separuh responden akan melakukan mudik pada Lebaran tahun ini.

Melihat  tingginya animo masyarakat terhadap bus mudik gratis yang disediakan oleh Kemenhub, kini kuota yang disediakan telah habis. Pendaftaran mudik gratis dengan bus melalui situs http://mudikgratis.dephub.go.id dinyatakan telah ditutup per hari ini, Jumat (27/4/2018).

Dirjen Budi mengungkapkan, “Pendaftaran bus mudik gratis via website sudah memenuhi kuota, maka kami tutup pendaftarannya hari ini. Namun jangan khawatir, para pemudik masih dapat mendaftar mudik gratis yang tak kalah nyaman dengan kapal penyeberangan Ro- Ro.”

Untuk kuota kapal penyeberangan ada 3 unit yang tersedia untuk melayani rute Jakarta-Semarang, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Lampung. Kapal Motor (KM) yang digunakan antara lain KM. Mutiara Barat, KM. Mutiara Sentosa II, dan KM. Mutiara Sentosa III.

Kapal Ro- Ro berukuran 5.000 Gross Ton (GT) ini mampu menampung 500 sepeda motor dan 1.000 orang. Ketiga rute tersebut akan diberangkatkan untuk mudik pada 13 Juni 2018, sementara untuk balik dijadwalkan pada 22 Juni 2018.
 
Mudik Sambil Tiduran

Selain gratis, pemudik dapat menikmati fasilitas lengkap serta desain mewah dan modern yang dimiliki kapal penyeberangan ini. Selain fasilitas kamar tidur, hiburan, dan live music, kapal penyeberangan ini juga menyediakan 2x makan untuk pemudik pada tiap penyeberangannya.

Durasi perjalanannya pun tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan transportasi darat. Untuk rute Jakarta-Lampung dapat ditempuh dalam 8 jam, Jakarta- Semarang 15 jam, sementara Jakarta-Surabaya 24 jam.

Pemudik pun dapat merasakan aman dan nyamannya menumpang kapal tanpa khawatir kena macet berjam- jam sekaligus berwisata dengan naik kapal.

Penumpang dapat merasakan nyamannya tempat tidur yang disediakan kapal sehingga dapat menghemat tenaga begitu tiba di kampung halamannya masing- masing. Tak hanya itu, mudik dengan kapal penyeberangan pun turut berdampak dalam mengurangi kemacetan lalu lintas saat mudik Lebaran.(helmi)

loading...