Angkasa Pura 2

Mudah, Begini Cara Daftar Mudik Gratis dengan Kapal RoRo

KoridorJumat, 27 April 2018
images-3

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Untuk ikut mudik gratis dengan kapal roro cukup mudah. Masyarkat bisa mudik gratis baik orang dan kendaraan sepeda motor. Jadi, bisa merayakan Lebaran di kampung, pulang gratis bahkan membawa sepeda motornya sekalian.

“Sedikitnya ada 2 cara untuk mendaftar mudik dengan kapal penyeberangan ini. Bisa mendaftar secara online atau datang ke loket pendaftaran yang telah ditunjuk,” kata Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Pergubungan Budi Setiyadi di Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Pertama dengan cara online melalui  http://mudikgratis.dephub.go.id/atau mendaftar langsung di Kementerian Perhubungan dan di Kantor Cabang PT. Atosim Lampung yang ada di Semarang, Surabaya, dan Bandar Lampung.

Ketentuan pemudik motor yang hendak mendaftar mudik dengan kapal penyeberangan pun syaratnya tidak sulit. Cukup melampirkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.

Selanjutnya, kondisi motor layak jalan (untuk pemudik dengan motor), tidak ada aksesoris tambahan atau modifikasi pada motor, memiliki standar tengah, serta verifikasi data dengan membawa bukti pendaftaran online dan persyaratan administrasi.

Program mudik gratis ini sebelumnya telah dilaksanakan sejak tahun 2015 silam. Latar belakang dilaksanakannya mudik gratis ini adalah karena kebutuhan sarana transportasi yang tinggi saat Lebaran.

Seperti diungkapkan Dirjen Budi, “Tapi karena meningkatnya kebutuhan, maka kadang ada kekurangan atau ketidaknyamanan, maka kita sediakan pilihan transportasinya. Ini adalah salah satu wujud nyata hadirnya pemerintah di tengah masyarakat,” tegas Dirjen Budi.(helmi)

loading...