Angkasa Pura 2

Extra Flight Menandai Penerbangan Perdana di Bandara Kertajati

Bandara KokpitSabtu, 28 April 2018
IMG_20180428_085110

KERTAJATI (BeritaTrans.com) – Penerbangan tambahan atau extra flight bakal menjadi penerbangan perdana di Bandara Kertajati, Majalengka yang rencananya akan dimulai pada 24 Mei 2018.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, saat ini beberapa maskapai tengah menyiapkan penerbangan tambahan untuk angkutan Lebaran.

“Kita ketahui penerbangan di Bandara Soekarno Hatta sudah sangat padat dan nantinya dapat dialihkan dari Bandara Kertajati,” ujar Agus di Kertajati, Majalengka, Sabtu (28/4/2018).

Maskapai yang akan mengajukan diantaranya Citilink Indonesia dan Garuda Indonesia. Keduanya menurut rencana juga akan melakukan uji coba sebelum 24 Mei 2018 dari Bandara Soekarno Hatta.

“Nantinya akan ditawarkan kepada para calon pengguna jasa di wilayah terdekat Kertajati untuk dapat memilih penerbangan dari Bandara ini,” tuturnya.

Kesiapan bandara sudah 100 persen pada sisi udara dan hampir rampung juga pada sisi darat. Koordinator Penerbangan Bandara Kertajati dari PT Angkasa Pura II selaku pengelola, Ibut menyatakan alur untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang domestik telah siap.

Dirjen Agus menambahkan bahwa pesawat kalibrasi dari Curug, Tangerang telah melakukan kalibrasi di Bandara Kertajati pada akhir Maret 2018.

“Runway, taxiway, dan pengatur lalu lintas sudah oke dan siap melayani penerbangan,” kata dia. (omy)

loading...