Angkasa Pura 2

Tommy: Pelabuhan di NTT itu Lebih Bermanfaat Dikembangkan Menjadi Pelabuhan Wisata

Dermaga Destinasi SDMSabtu, 28 April 2018
IMG-20180428-WA0029

JAKARTA (BeritaTrane.com) – Salah satu proyek pelabuhan yang direkomendasikan untuk diserahkan ke Pemda dan dialihkan menjadi  pelabuhan pariwisata adalah di Kupang. Proyek ini termasuk dalam 33 proyek pelabuhan proyek dalam pengerjaan (KDP) yang sering disebut-sebut proyek mangkrak.

“Lokasinya sekitar 1 km dari Pelabuhan Tenau Kupang, NTT.  Pelabuhan tersebut tak ekonomis untuk dibangun menjadi pelabuhan niaga dan melayani kegiatan ekspor-impor,” kata Irjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  Wahju Satrio Utomo saat dikonfirmasi BeritaTrans.com di Jakarta, Jumat (27/4/2018) sore.

Dikatakan, agar tak picu kerugian negara, sebaiknya dialihkan menjadi pelabuhan wisata yang melayani kapal-kapal cruise.

“Pelabuhan tersebut proyek usulan dari Pemda NTT. Tapi di tengah perjalanan tak bisa dilanjutkan karena berbagai alasan teknis. Pihak Pemda NTT terus meminta bantuan ke Pemerintah Pusat/ Kemenhub,” jelas Tommy, sapaan akrab Irjen Kemenhub itu.

Dari hasil pemantaun Tim Irjen Kemenhub bersama pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian LHK, Pemda dan lainnya disepakati pelabuhan tersebut  tak layak dilanjutkan.

“Pelabuhan di NTT itu akan lebih bermanfaat jika dikembangkan menjadi pelabuhan wisata,” papar Tommy.

Selain itu, daerah Kupang memiliki kondisi geografis serta pantai yang indah. Daerah ini layak dikembangkan menjadi objek wisata unggulan di Tanah Air.

Destinasi Wisata Bahari

“Sejalan dengan Program Presiden Jokowi mengembangkan 10 objek wisata unggulan di Tanah Air. Daerah Kupang ini layak dikembangkan menjadi destinasi wisata bahari yang baik,” terang Tommy.

Bagi Kemenhub, menurut Tommy, Pelabuhan   Kupang yang masuk 33 Pelabuhan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP). “Namun dengan berbagai pertimbangan teknis dan nonteknis serta masa depan yang lebih baik, maka direkomendasikan   menjadi pelabuhan wisata,” urai Tommy.

Dari hasil evaluasi 33 proyek pelabuhan KDP, tambah Tommy, pihaknya sudah meninjau dan mengevaluasi bersama pihak terkait. Intinya proyek itu tak ekonomis dikembangkan menjadi pelabuhan niaga.

“Pelabuhan Kupang itu lebih efektif dikembangkan menjadi pelabuhan wisata. Kupang dan NTT cukup menjanjikan dikembangkan menjadi destinasi,” tegas Tommy.(helmi)