Angkasa Pura 2

Kurangi Beban Jalan, Menhub: Imbau Pemudik Gunakan Jalur Tol dan Jalan Nasional Nontol

KoridorMinggu, 29 April 2018
IMG-20180429-WA0028

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik menggunakan jalur tol, pemudik juga dapat menggunakan akses jalan nasional nontol. Perlu ada pembagian beban jalan dan tak terfokus pada satu jalur. Jalur selatan pulau Jawa saat mudik Lebaran 2018 nanti baik jalur Pantura, jalur tengah dan jalur selatan dalam kondisi baik.

“Jalan nasional non tol tersebut adalah jalan yang menelusuri Jakarta menuju Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya,” kata Menhub Budi Karya Menhub usai pelepasan peserta touring sepeda mudik lebaran 2018 di  Bundaran HI,  Jakarta, Minggu (29/4/2018).

Dikatakan, selain jalan tol yang saat ini sebagian besar sudah bisa dilalui pemudik. Pemerintah juga terus melakukan perbaikan di jalan nasional non tol agar dapat dilalui pemudik.

Mudik dengan memanfaatkan jalan nasional nontol adalah untuk memecah kepadatan pemudik supaya tidak terkonsentrasi di jalan tol.

“Pemudik juga diimbau bisa melalui jalan nasional nontol yang aman dan bagus kondisinya,”  jelas Menhub.

Dirjen Hubdat Budi Setiyadi menambahkan, semalam dia bersama tim sudah  melintasi jalur Pantura dan Cirebon ke Jakarta dan semua dalam kondisi baik.

“Saat mudik nanti, jangan semua terfokus melalui jalan tol. Jalan arteri nasional di pulau Jawa kini kondisinya sangat bagus dan bisa dimanfaatkan para pemudik,” kata Dirjen Budi.

Dengan memanfaatkan jalan nontol serta ruas yang   berbeda mulau jalur Pantura, jalur tengah san selatan Jawa diyakini akan lebih baik. “Jadi akan ada pembagian beban dan tak semua tertumpu di  jalan tol dan jalur pantura,” terang Dirjen Budi.

IMG-20180429-WA0027

Sosialisasi Keselamatan

Menhub Budi Karya menambahkan, para peserta touring sepeda  Jakarta-Surabaya akan menyusuri jalan nasional dari Jakarta, Semarang, Solo, sampai dengan Surabaya.

Di setiap kota tersebut nantinya akan dibuat acara pemeriksaan serta sosialisasi oleh pesepeda bekerjasama dengan komunitas kepada para pemudik, terkait keselamatan berkendara kepada pengguna motor, sopir taksi, truk, hingga bus.

Informasi itu akan disebarluaskan oleh peserta Touring Sepeda Mudik Lebaran 2018 bekerja sama dengan komunitas sepeda daerah setempat.

“Peserta touring sepeda mudik Lebaran akan menyebarkan informasi, bahwa ada jalan nasional, ada jalur selatan non tol yang aman digunakan pemudik, sebagai salah satu upaya agar mudik Lebaran lebih indah,” ujar Menhub

Sebagai informasi, Menhub melepas 150 peserta Touring Sepeda Mudik Lebaran Jakarta-Surabaya. Touring akan menempuh jarak 490 km dan memakan waktu 6 hari berakhir di Surabaya, pesepeda akan melakukan kampanye Mudik 2018 Zero Accident di kota-kota tersebut.(helmi)