Angkasa Pura 2

Jasa Marga Optimistis Tol Sala Tiga – Kartasura Bisa Fungsional Sebelum Lebaran 2018

Koridor LitbangSelasa, 1 Mei 2018
IMG_20180501_161903

SALA TIGA (beritatrans.com) – PT Jasa Marga optimistis jalan tol lintas Sala Tiga – Kartasura, Jawa Tengah sepanjang 30 kilometer bisa difungsionalisasikan untuk melayani pemudik Lebaran 1439 H/2018.

“Kami optimistis bisa memenuhi target pemerintah memfungsikan tol Sala Tiga – Kartasura untuk angkutan Lebaran nanti,” kata Manager Administrasi Proyek PT Jasa Marga Solo Ngawi, Vhatahillah, saat menerima Tim Monitoring Kesiapan Jalan Tol Semarang – Surabaya dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Perhubungan di Sala Tiga, Jawa Tengah, Selasa (1/5/2018).

IMG_20180501_093135

Selama 6 hari, Tim Monitoring Badan Litbang Kemhub yang dipimpin oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Darat dan Kereta Api Arif Anwar akan menelusuri proyek jalan tol dari mulai Semarang, Jawa Tengah hingga Surabaya, Jawa Timur. Tim monitoring ini didampingi oleh pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Darmaningtiyas.

Vhatah mengatakan, untuk mencapai target tersebut pihaknya mengerahkan sekitar 3.000 tenaga kerja dengan waktu kerja selama 24 jam penuh dengan menggunakan sistem kerja shift.

“Fungsionalisasi tol Sala Tiga – Kartasura ini kami memiliki rencana utama dan rencana cadangan. Tapi pada prinsipnya, kami siap melayani para pemudik Lebaran nanti,” katanya.

IMG_20180501_084638

Menurutnya, renaca utama akan diberlakukan bila seluruh jembatan atau overpass sudah dapat diselesaikan. Sedangkan rencana cadangannya diberlakukan bila jembatan atau overpass yang jumlahnya mencapai 12 jembatan itu belum bisa selesai sebagaimana yang ditargetkan.

“Ada beberapa titik krusial yang membutuhkan efort kerja lebih untuk menyelesaikannya, seperti jembatan Kenteng dan overpass menjelang pintu keluar Colomadu, Kartasura,” katanya.

Selain persoalan jembatan, di sepanjang jalur Tol Sala Tiga – Kartasura ini banyak perlintasan sebidang dengan jalan milik warga setempat. Sedikitnya ada 10 perlintasan sebidang yang harus diwaspadai selama masa fungsional tersebut.

IMG_20180501_101541

“Pastinya di perlintasan-perlintasan sebidang itu kami siapkan penjagaan, baik dari kepolisian, Dishub, dan kami sendiri,” kata Vhatah.

Kabid Program dan Evaluasi Puslitbang Darat dan Kereta Api Badan Litbang Perhubungan Arif Anwar menegaskan bahwa rencana fungsionalisasi Tol Sala Tiga – Kartasura harus betul-betul memperhatikan aspek keselamatan berlalu lintas.

“Jangan karena dikejar target lantas abai pada aspek keselamatan,” kata Arif.

IMG_20180501_101517

Meskipun demikian Arif berharap dalam dua atau tiga minggu ke depan jalur tol ini sudah rapi dan siap untuk difungsionalisasikan agar dapat mendukung suksesnya angkutan Lebaran 1439 H/2018 nanti. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari