Angkasa Pura 2

Tinggal Pembebasan Lahan, KA Bandara Adi Soemarmo Selesai Februari 2019

Bandara EmplasemenSenin, 7 Mei 2018
Menhub KA Bandara Solo

SOLO (BeritaTrans.com) – Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah ditargetkan selesai dan siap beroperasi pada Februari 2019.

KA Bandara Solo itu akan melengapi KA bandara yang sudah ada sebelumnya, seperti KA Bandara Soetta, KA Bandara Kulala Namu, Sumut dan KA Bandara Padang, Sumatera Barat yang akan segera dioperasikan.

“Saya tadi rapat mengenai KA Bandara Solo sekarang proses penyelesaian (pembebasan) tanah untuk segera tender. Poryeksinya (KA Bandara) sudah selesai paling lambat Februari 2019,” jelas Menhub Budi Karya Sumadi kepada awak media saat berada di KA Prameks Solo-Jogjakarta, kemarin.

Dikatakan lebih lanjut Menhub, pola angkutan antar moda akan terus dikembangkan untuk mendukung konektivitas dan memenuhi kapasitas pengembangan infrastruktur.

“Bandara Adi Soemarmo tahun 2017 jumlah penumpangnya naik 30%. Tahun depan diproyeksikan bisa naik 30% lagi,” kata Menhub.

Manajemen PT. Angkasa Pura I sudah berencana membangun Bandara Adi Soemarmo menjadi bandara dengan kapasitas yang lebih besar, menjadi 3 juta penumpang per tahun.

Menhub Walikota Solo

Koordinasi TNI AU

Untuk memperlancar proses pembangunan pembebasan lahan sedang dilakukan. Koordinasi dengan beberapa pihak terkait yaitu TNI Angkatan Udara dan masyarakat.

“Pembebasan lahan akan dikoordinasikan dengan TNI Angkatan Udara dan Masyarakat. TNI Angkatan Udara akan kami koordinasikan sedangkan dengan masyarakat akan dilakukan oleh pemerintah wilayah setempat,” terang Menhub.

Walikota Solo FX Rudyanto, tambah dia, sudah melaksanakan dengan baik sekali (proses pembebasan lahan). Selanjutnya pembangunan fisik akan digenjot sesuai target semula.(helmi)

loading...