Angkasa Pura 2

Workshop Diplomasi dan Negosiasi Kerja Sama, Tingkatkan Kapasitas SDM Ditjen Hubud

Bandara Kokpit SDMSelasa, 8 Mei 2018
IMG-20180508-WA0025

IMG-20180508-WA0024

BALI (BeritaTrans.com) – Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam Diplomasi dan negosiasi kerja sama, Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menggelar Workshop terkait.

Pelaksanaan hubungan luar negeri, memerlukan berbagai pertimbangan yang matang dari berbagai aspek sejak tahap perencanaan hingga inisiasi dan penandatanganan perjanjian kerja sama.

Guna mendukung hal tersebut, diperlukan penguasaan terkait seluk beluk mekanisme dan kebiasaan-kebiasaan yang terjadi dalam berbagai forum negosiasi dan tata cara penanganan isu-isu internasional.

“Workshop ini guna meningkatkan kemampuan para aparatur perhubungan Ditjen Perhubungan Udara, khususnya di bidang kerja sama luar negeri dalam mendukung peningkatan dan efektifitas Kegiatan Kerjasama Luar Negeri,” ujar Kabag Kerja Sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Sigit Widodo mewakili Sesditjen Hubud Pramintohadi Sukarno di Bali, Selasa (8/5/2018).

Workshop Teknik Negosiasi dan Diplomasi Kerja Sama Luar Negeri dilaksanakan pada 7 – 9 Mei 2018, di Hotel Mercure Legian, Bali.

Peserta workhop antara lainĀ  pegawai di lingkungan Ditjen Hubud, seluruh Kantor Otoritas Bandar Udara (KOBU) dan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) di Wilayah Kerja Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Ngurah Rai, Bali serta para stakeholder di bidang transportasi udara.

“Kapasitas Aparatur Perhubungan sesungguhnya dapat ditingkatkan khususnya dalam menangani berbagai kerja sama dan perjanjian internasional. Dengan demikian, praktek penyelenggaraan diplomasi dan kerjasama teknik dapat berjalan sesuai dengan UU No. 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri dan UU No. 24 Tahun 2000 tentang Perjanjian Internasional,” paparnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ke depan aparatur perhubungan udara paham mengenai tata cara melakukan negosiasi pada forum internasional baik pada tingkat bilateral, regional, dan multilateral maupun tata cara bergaul sesuai dengan kebiasan internasional.

Workshop juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai tata cara diplomasi, public speaking dan negosiasi dalam mempersiapkan dan memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia dengan mitra dari luar negeri dalam menghadapi sidang internasional.

Serta dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan terhadap berbagai aspek penanganan untuk persiapan menjadi delegasi Indonesia dalam berbagai konferensi sidang luar negeri bagi Aparat Perhubungan. (omy)

loading...