Angkasa Pura 2

Angkutan Lebaran Moda Udara Diprediksi Meningkat 9 Persen

Bandara KokpitRabu, 9 Mei 2018
hotel borobudur 2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mendekati angkutan Lebaran, Kementerian Perhubungan memprediksi pertumbuhan angkutan udara mengalami kenaikan melebihi 9 persen. Hal itu dikaitkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan membaiknya perekonomian masyarakat dewasa ini.

“Angkutan udara adalah angkutan unggulan yang paling diminati masyarakat. Pertumbuhan tahun lalu periode sama 8,4 persen. Kita lihat daya beli masyarakat juga sudah membaik. Karenanya tahun ini kita perkirakan pertumbuhan di angkutan udara paling tinggi yakni melebihi 9 persen,” ujar Menhub di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Guna meningkatkan dan mengantisipasi pertumbuhan tersebut, pihaknya telah memiliki langkah-langkah. Caranya antara lain dengan menambah slot, penggunaan pesawat berbadan lebar untuk tujuan tertentu, mengoperasikan bandara hingga pukul 24.00 malam, dan rampcheck terhadap semua pesawat udara.

“Tahun ini kita dorong juga pertumbuhan angkutan udara karena mereka akan mengambil porsi yang relatif besar dibandingkan yang lain,” tambah Menhub.

Untuk moda lain, Menhub menyebutkan angkutan laut akan mengalami kenaikan dua persen, angkutan kereta api dua persen, sedangkan angkutan darat terutama mobil dan sepeda motor itu tumbuhnya besar. Untuk mobil tumbuh kira-kira 16 persen dan sepeda motor tumbuh 33 persen.

“Mudik tiap tahun mengalami peningkatan, karena infrastruktur yang dibangun pemerintah sudah lebih baik. Jadi dengan jalan tol yang sudah jadi dan perekenomian relatif baik, pertumbuhan akan seperti tahun lalu. Oleh karenanya kita harus mengantisipasi dan mempersiapkan lebih baik,” sebut Menhub. (omy)