Angkasa Pura 2

Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional Auditor Kemenhub, Tingkatkan Kualitas SDM

SDMRabu, 9 Mei 2018
IMG-20180509-WA0019

IMG-20180509-WA0024

BOGOR (BeritaTrans.com) – Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional Auditor (JFA) tingkat ahli di lingkungan Kementerian Perhubungan, digelar Itjen Kemenhub guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Diklat yang diselenggarakan 18 April hingga 8 Mei 2018 di Bogor, menjadi bagian upaya memenuhi kebutuhan SDM pemeriksa di lingkungan Itjen Kemenhub.

“Kebutuhan sebanyak 281 auditor. Saat ini Itjen Kemenhub baru memiliki 130 auditor, maka kami memutuskan untuk mempersiapkan pegawai-pegawai yang potensial untuk dikaderisasi menjadi calon auditor dan diikutsertakan dalam diklat Pembentukan JFA Tingkat Ahli,” jelas Sekretaris Itjen Kemenhub Aca Mulyana disela penutupan Diklat di Bogor, Selasa (8/5/2018).

Pelaksanaan Diklat, dilakukan bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (Pusdiklatwas BPKP).

Sebagaimana diketahui, Auditor Ahli adalah yang mempunyai kualifikasi profesional yang pelaksanaan tugas dan fungsinya mensyaratkan penguasaan pengetahuan, metodologi, dan teknis analisis di bidang pengawasan.

Berdasarkan Peraturan Kepala BPKP Nomor: Per1274/K/JF/2010 tentang Pendidikan, Pelatihan dan Sertifikasi Auditor Aparat Pengawasan Intern Pemerintah, Diklat Pembentukan JFA dilaksanakan untuk beberapa tujuan.

IMG-20180509-WA0017

Pertama menurut Aca menyiapkan Auditor yang kompeten dan profesional dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi pengawasan yang meliputi seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi.

“Kedua adalah meningkatkan pengetahuan, keahlian/keterampilan, dan sikap profesional, dilandasi kepribadian dan etika agar dapat melaksanakan tugas-tugas pengawasan secara profesional, efisien, dan efektif serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ungkapnya.

Peserta yang mengikuti Diklat Pembentukan JFA Ahli adalah sebanyak 24 pegawai Itjen Kemenhub yang telah memenuhi persyaratan dan lulus seleksi administrasi online, antara lain memiliki ijazah serendah-rendahnya Sarjana (S-1) atau D-IV. Selanjutnya memiliki pangkat serendah-rendahnya Penata Muda golongan ruang III/a, memiliki usia maksimal 48 tahun pada saat diusulkan mengikuti diklat dan mendapat persetujuan dan diusulkan oleh Pimpinan Unit Organisasi.

“Diharapkan, selesai mengikuti diklat seluruh peserta dapat berhasil lulus dan dinyatakan pantas bersertifikat JFA Ahli karena telah berhasil menguasai kompetensi pada bidang-bidang pengawasan sesuai dengan Standar Kompetensi Auditor,” ujar Aca.

Kompetensi itu diantaranya Kompetensi Bidang Manajemen Risiko, Pengendalian Intern, dan Tata Kelola Sektor Publik (risk, control, and governance), Kompetensi Bidang Strategi Pengawasan (audit strategy), Kompetensi Bidang Pelaporan Hasil Pengawasan (audit reporting), Kompetensi Bidang Sikap Profesional (professional development), Kompetensi Bidang Komunikasi (communication), Kompetensi Bidang Lingkungan Pemerintahan (government environment) dan Kompetensi Bidang Manajemen Pengawasan (management of audit).

IMG-20180509-WA0031

Aca juga mengharapkan momentum ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menggali ilmu guna meningkatkan pengetahuan dan kompetensi sehingga persyaratan sebagai auditor ahli yang berkualitas dan bersertifikasi dapat terpenuhi.

“Ingatlah terus bahwa ilmu tidak mempunyai nilai apa-apa kecuali ilmu tersebut diamalkan. Namun demikian, mengamalkan ilmu yang kita miliki juga harus di dukung dengan integritas dan moral yang baik, tanpa hal tersebut maka ilmu dan kepandaian akan berpotensi menjadi perusak nomor satu,” tutur Aca.

Atas nama Pimpinan Inspektorat Jenderal mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pusdiklatwas BPKP dan Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan.

Pembukaan Diklat dilaksanakan Kabag Kepegawaian, Hukum, dan Tata Usaha Itjen Kemenhub. (omy)