Angkasa Pura 2

ODOL Tantangan Berat Moda Transportasi Darat di Indonesia

Koridor OtomotifRabu, 9 Mei 2018
IMG-20180509-WA0001

SURABAYA (BeritaTans.com) – Moda Transportasi darat di Tanah Air menghadapi tantangan yang cukup berat dengan tingkat pelanggaran terhadap ketentuan persyaratan teknis dan laik jalan dalam tahap yang sangat mengkhawatirkan.

“Mereka itu antara lain permasalahan over-dimensi, over-loading (ODOL), ketentuan pemuatan, ketentuan penggunaan dan permasalahan lainnya,” kata Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Budi Setiyadi di depan peserta Bimbingan Teknis pada Karoseri di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (8/5/2018).

Hal tersebut, lanjut Dirjen Hubdat, menuntut perhatian kita semua baik dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat), Balai Pengelola Transportasi Darat, Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota.

Pengembangan pola transportasi yang sesuai dengan karakteristik daerah, jelas Dirjen Budi, peningkatan pelayanan angkutan jalan, penanganan masalah over-loading, penanganan masalah over-dimensi, dan pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor yang benar adalah sebagian contoh dari isu dan tantangan yang harus segera dijawab.

Seperti diketahui, papar Dirjen Budi, saat ini sudah memasuki era pasar bebas. Untuk itu diharapkan para pelaku industri karoseri mengantisipasi hal tersebut.

“Tingkatkan efisiensi, kualitas, kreatifitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM), ciptakanlah produk-produk inovatif dan kreatif untuk memenuhi permintaan maupun kebutuhan pasar,” harap Dirjen Hubud.

Salah satu upaya untuk menjamin keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, menurut Dirjen Budi, adalah melalui pembinaan teknis perusahaan karoseri kendaraan bermotor tahun 2018 ini.

IMG-20180509-WA0000

Syarat Teknis dan Laik Jalan

“Bimtek ini bertujuan agar kendaraan bermotor hasil rancang bangun dan rekayasa dari perusahaan-perusahaan karoseri memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan,” sebut Dirjen Budi.

Sementara, tujuan kegiatan Bimtek perusahaan karoseri kendaraan bermotor tahun 2018 adalah memberikan nilai tambah informasi kebijakan pemerintah dan keseragaman dalam pemahaman kebijakan bagi saudara kelaku industri otomotif di Tanah Air.

Pada akhirnya nanti. saudara sekalian mampu dalam mengemban tugas di sektor perhubungan. Pada saatnya nanti dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat luas,” tegas Dirjen Budi.(helmi)

loading...