Angkasa Pura 2

Pengguna Sepeda Motor Diprediksi Naik 33% Saat Mudik Lebaran 2018 Mendatang

Koridor OtomotifRabu, 9 Mei 2018
ARUS MUDIK MOTOR

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan moda angkutan darat selama angkutan Lebaran 2018 terutama mobil dan sepeda motor itu tumbuhnya besar. Untuk mobil tumbuh kira-kira 16 persen dan sepeda motor tumbuh 33 persen.

“Mudik tiap tahun mengalami peningkatan, karena infrastruktur yang dibangun pemerintah sudah lebih baik. Jadi dengan jalan tol yang sudah jadi dan perekenomian relatif baik, pertumbuhan akan seperti tahun lalu. Oleh karenanya kita harus mengantisipasi dan mempersiapkan lebih baik,” kata Menhub Budi Jarya di Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Namun begitu, Menhub mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan seoeda motor. Sangat berbahaya dan riskan menjadi korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya. “Pengalaman selama ini, 70% kecelakaan di jalan raya melibatkan sepeda motor. jadi, jangan paksakan mudik dengan sepeda motor, karena memang berbahaya,” papar mantan Dirut AP II.

Pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan menyiapkan kuota mudik gratis sebesar 30.000 orang dan sepeda motornya. Mereka akan diangkut dengan berbagai moda, seperti bus, truk, kapal laut, kapal roro dan kereta api. “Gunakan fasilitas mudik gratis ini, daripada naik sepeda motor sampai kampung halaman,” saran Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan bahwa mudik itu adalah kebahagiaan. Maka semua pihak harus memberikan dukungan bagi mudik kali ini. Mudik tahun ini harus lebih baik dari tahun lalu.

“Untuk menggapai mudik yang lebih baik, kami rencanakan ini sejak bulan Januari 2018. Kami sudah mengumpulkan stakeholder dan mempersiapkannya agar lebih baik,” ucap Menhub.

Terakhir Menhub berpesan agar mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai mudik. Informasi terkait jalan, sarana dan prasarana. Karena informasi ini akan memberikan pembekalan secara baik. Kemudian juga sebaiknya menggunakan angkutan massal. Hindari penggunaan sepeda motor, karena 70 persen kecelakaan diakibatkan oleh sepeda motor.(helmi)