Angkasa Pura 2

Daya Dukung Jalan Sudah Lampaui Batas, Saatnya Beralih ke Angkutan Umum

KoridorSabtu, 12 Mei 2018
Menhub_Budi_Bandara_Solo

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kondisi daya dukung jalan raya sudah melampaui batas khususnya di wilayah Jabodetabek.  Perlu adanya kesadaran bersama untuk mengatasinya.

“Saya mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi massal,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, kemarin.

Saat ini, setiap pagi dan sore hari seluruh ruas jalan tol dan jalan arteri di Jabodetabek selalu macet. Jika tak ada jiwa dan semangat untuk berkorban, maka ancaman stagnan itu sudah di depan mata.

Dikatakan Menhub, kini berbagai upaya pembenahan telah kami lakukan untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas moda transportasi massal.

“Selain kebijakan khusus di tol, saat ini kami juga terus mendorong percepatan pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur angkutan massal seperti LRT, MRT, BRT,” jelas Menhub seperti dilansir @budikaryas itu.

Dan yang tak boleh dilupakan,  peningkatan kapasitas kereta api sebagai solusi untuk masyarakat agar berpindah dari angkutan pribadi ke angkutan massal.

“Kini saatnya kita kembali ke angkutan umum. Selain itu, juga antisipasi kalau nanti angkutan massal sudah beroperasi maka praktis kita akan beralih ke angkutan umum,” pesan Menhub.

Gaya hidup kita harus dirubah. Kalau selama ini mengandalkan kendaraan pribadi atau sepeda motor. “Angkutan massal yang disiapkan pemerintah akan siap dioperasikan. Jika tidak Jakarta akan stagnan dan kita semua akan rugi,” tandas Menhub.(helmi)