Angkasa Pura 2

Dirjen Agus Sidak Kesiagaan Keamanan Bandara Adi Soemarmo

Bandara KokpitMinggu, 13 Mei 2018
IMG_20180406_080452

SOLO (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso inspeksi mendadak (sidak) kesiagaan keamanan Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo.

Inspeksi dilakukan untuk memeriksa secara langsung sistem dan kondisi keamanan di bandara usai dikeluarkannya instruksi pengamanan lebih ketat bandara dan fasilitas penerbangan terkait adanya serangan bom teroris di beberapa gereja di Surabaya pagi tadi (13/5/2018).

“Sidak untuk check keandalan sistem, peralatan, dan personel penerbangan di lapangan, bekerja dengan maksimal terkait dengan keamanan penerbangan. dan alhamdulillah kondisi keamanan di Bandara Adi Soemarmo ini baik, aman dan terkendali,” ujar Agus didamping General Manager Angkasa Pura 1 Kol. Usman.

Menurut Agus, dunia penerbangan sesungguhnya mempunyai sistem keamanan dan keselamatan penerbangan yang berlapis. Untuk keamanan nasional  sudah ada Program Keamanan Penerbangan Nasional yang mengacu pada aturan annex 17 Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Dalam peninjauan ini, Agus menyempatkan diri berbincang dan memberi semangat personel Aviation Security (avsec) bandara yang sedang bertugas. Mengecek beberapa peralatan keamanan seperti x-ray dan cctv bandara.

Selain itu, Agus juga memeriksa kesiapan PKPPK. Selain peralatan andal, kesemaptaan juga harus tanggap, karena PKPPK terkait erat dengan respon time penanganan hal-hal yang tidak diinginkan.

Agus juga menyapa beberapa penumpang yang hendak terbang sembari memberi keterangan bahwa keamanan penerbangan merupakan hal yang sangat dijaga ketat.

“Saya minta para penumpang turut membantu pengamanan bandara dengan cara melaporkan barang bawaan yang berbahaya serta melaporkan kepada petugas avsec jika ada seseorang yang berlaku mencurigakan di areal bandara,” paparnya. 

Di tiap bandara juga ada security check point (SCP) dengan sistem, peralatan, dan personel yang tersertifikasi dari Ditjen Perhubungan Udara untuk memastikan keamanan bandara dari orang maupun barang-barang yang berbahaya.

“Saya lihat di Bandara Solo ini pengamannya berjalan sesuai prosedur yang berlaku. Jadi bagi masyarakat dan penumpang, tidak perlu takut dan ragu untuk berkegiatan di bandara dan menggunakan transportasi udara,” kata Agus. (omy)