Angkasa Pura 2

925 Catar Polbit Ikuti SKD di Kampus PIP Makassar

SDMSenin, 14 Mei 2018
Kampus PIP Salodong

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Sebanyak 925 calon taruna (catar) PIP Makassar secara bertahap mengikuti   Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), pada Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar), Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDMP), di Makassar,  Senin (14/5/2018).

Mereka akan memperebutkan 725 kursi taruna pola pembibitan (polbit) di PIP Maassar tahun ajaran 2018/2019. Secara nasional, ada 25.000 catar BPSDMP yang mengikuti SKD selama dua hari di berbagai kampus transportasi dan berbagai kota yang telah ditentukan di Tanah Air.

Sipencatar 2018 dibuka secar resm keh Sekjen Kemenhub Djoko Sasono. Total prodi yang dibuka untuk seleksi Sipencatar tahun 2018 ada 38 prodi dengan rincian: pendidikan transportasi laut dibuka 12 prodi, pendidikan transportasi udara dibuka 14 prodi dan pendidikan transportasi darat dan perkeretaapian dibuka sebanyak 12 prodi.

Tahun 2018 ini, kampus PIP Makassar akan fokus menerima catar polbit. Mereka itu yang dipersiapkan untuk mengisi formasi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Tanah Air.

Direktur PIP Makassar Capt. Sugiyono, M.MTr, M.Mar mengatakan,  pelaksanaan di PIP Makassar SKD dibagi menjadi dua gelombang masing-masing hari ini dan besok, Selasa (15/5/2018).

“Pelaksanaan SKD hari ini berjalan lancar, dengan enam angkatan. Seluruh materi dan konten SKD yang membuat bukan kita dan tinggal menunggu hasilnya,” kata orang nomor satu di PIP Makassar itu menjawab BeritaTrans.com, Senin.

Dalam pelaksanaan Sipencatar BPSDMP ini, SKD kali ini menggunakan Computer Asistent Test (CAT). Semua materi test dan jawabannya dilakukan secara online.

“Dengan sistem online ini, begitu peserta menyelesikan pertanyaan dan ditutup login-nya, akan langsung kelihatan hasilnya. Mereka lulus atau tidak, memenuhi passing grade atau tidak akan langsung diketahui,” jelas Capt. Sugiyono.

Namun begitu, pihak kampus PIP Makassar tetap optimis ammpu meneleksi catar terbaik di masing-masing prgram studi (prodi). Tahun ini, PIP Makassar membuka pendataran untuk tiga prodi berbeda, yaitu Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK).

Masa Pembentukan di Kampus I

Bagi catar yang lolos Sipencatar dan diterima di PIP Makassar akan mengikuti masa dasar Pembentukan Karakter (Madatukar). Selanjutnya mengkuti proses diklat di kampus PIP Makassar, Sulawesi Selatan.

“Bagi taruna tingkat I, selama masa basis pembentukan karakter akan ditempatkan di Kampus I PIP Makassar. Taruna tingkat II dan IV akan ditempatkan di Kampus Terpadu  PIP Makassar di Untia, Salodong, Kota Makassar. Sedang taruna tingkat lll akan menjalani praktik lau (prala) atau prada,” papar Capt. Sugiyono lagi.

Mantan Kepala BP2IP Tangerang, Banten  itu menambahkan, selama ini PIP Makassar sudah puluhan tahun mendidik dan menyiapkan calon perwira pelaut profesional. Mereka berlayar di kapal-kapal niaga baik di dalam atau luar negeri. Khusus tahun 2018, PIP Makassar akan mendidik taruna polbit.

“Tapi, secara teknis mereka akan dididik dan diasuh sesuai pola dasar dan ketentuan yang sama. Cuma saat lulus nanti, mereka memang disiapkan menjadi ASN. Semua sama, cuma bedanya setelah lulus perwira polbit ini akan direkrut menjadi ASN,” tegas Capt. Sugiyono.(helmi)

loading...