Angkasa Pura 2

Jabat Direktur PIP Makassar, Ini Program Kerja Capt. Sugiyono

SDMSenin, 14 Mei 2018
Capt Sugiyono

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Capt. Sugiyono, M.M.Tr, M.Mar akhirnya resmi mengemban jabatan baru sebagai Direktur PIP Makassar, Sulawesi Selatan. Pelantikan sudah dilakukan  langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, awal Mei silam.

Sementara,  proses serah terima jabatan (Sertijab) antara mantan Diretur PP Makasar H.Irwan, MT, M.Pd, M.Mar.E kepada penggantinya, Capt. Sugiyono, M.Mar dilakukan Sabtu (12/5/2018) di kampus PIP Makassar kemarin.

Acara berlangsung sederhana dan penuh khidmat, yang dihadiri kedua belah pihak di kampus PIP Makassar. Capt. Sugiyono adalah alumni PIP Makassar dan jabatan terakhir sebagai Kepala BP2IP Tangerang.

Sementara,  H. Irwan, MT selanjutnya mengemban tugas baru sebagai Direktur PIP Semarang menggantikan pejabat lama Capt. Marihot Simanjuntak, MM.

Sebagai salah satu alumni PIP Makassar, Capt. Sugiyono tak ingin benjanji muluk-muluk. Yang pasti, saya akan bekerja dengan baik dan memajukan almamater PIP Makassar sebagai kampus pelaut ternama di Indoensia timur, bahkan di Indonesia dan dunia

“Sudah ribuan perwra pelaut dilahirkan dari Kampus Bumi Seram itu. Mereka sudah berkarier baik di persuahaan pelayaran nasional dan asing, bahkan menjadi aparatur sipil nasional (ASN) di Tanah Air,” kata Capt. Sugiyono dalam perbincangan dengan BeritaTrans.com, kemarin.

Ke depan, aku dia, semua lulusan PIP Makassar harus mampu menjadi perwira pelaut yang tangguh dan siap menghadapi segala tantangan, baik sebagai perwira di kapal atau mereka yang  membangun karier di darat bahkan menjadi ASN.

Optimalisasi Kerja

Langkah awal yang akan dilakukan di PIP Makassar adalah meningkatan efisiensi serta optimalisasi kerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. “Dengan begitu, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas diklat di kampus PIP Makassar. Pada saatnya nanti, mampu menghasilkan perwira pelaut yang tangguh dan siap bersaing,” papar Capt. Sugiyono.

Sejalan dengan visi misi Presiden Jokowi dan program kerja Menhub Budi Karya Sumadi, PIP Makassar Siap mendukung keberhasilan program tol laut dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. PIP Makassar harus aktif dan bisa mengambil peran positif disana.

“Para perwira pelaut lulusan PIP Makassar harus ditingkatkan kualitas dan daya saingnya.  Indonesia membutuhkan pelaut yang banyak dan tangguh khususnya para perwiranya. Mereka itu yang akan menjadi tulang punggung dan aktor utama program tol laut di Indonesia ke depan,” tukas Capt. Sugiyono.

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), menurut dia, kampus PIP Makassar juga dituntut bisa memberikan kontribusi positif dan setor ke ngara melalui pos Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang besar sesuai targetnya.

“PIP Makassar dipatok target meraih PNBP sebesar Rp105 miliar tahun 2018. Di sisi lain, PIP Makassar juga harus mampu menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) dalam jumlah besar pula.”

“Target itulah yang diupayakan untuk dipenuhi bersama-sama. Seluruh jajaran PIP Makassar harus “berlari bersama” meapa target baik di bidang diklat atau ekonomi khususnya PNBP,” tandas Capt. Sugiyono.(helmi)

loading...