Angkasa Pura 2

Jelang Lebaran 2018, Menhub: Lampung Akan Dilalui 2,3 Juta Pemudik Tujuan Sumatera

KoridorSenin, 14 Mei 2018
Menhub lampung1

Menhu lampung2

LAMPUNG (BeritaTrans.com)- Lampung diprediksi akan menjadi kota yang dilewati jutaan pemudik pada masa angkutan Lebaran tahun 2018. Lampung merupakan pintu gerbang utama pulau Sumatera bagian timur, terlebih enjelang arus mudik Lebaran.

Demikian disampaikan Menhub usai hadir pada acara Dialog Nasional Indonesia Maju di Universitas Bandar Lampung, Senin (14/5/2018).

”Sebanyak 2,3 juta orang yang akan melalui Lampung, ada 300 ribu mobil yang akan lewat sini, ada 180 ribu motor yang lewat sini,” kata Menhub Budi.

Menhub Budi lebih lanjut menyebut pada masa Angkutan Lebaran selain mempersiapkan sarana-prasarana transportasi di Pulau Jawa. Pihak Kemenhub akan lebih fokus untuk mempersiapkan sarana-prasana transportasi di Lampung agar dapat mendukung kelancaran pemudik ke kota-kota tujuan di Sumatera.

Pemudik Sepeda Motor

Lebih lanjut Menhub menyebut pemudik sepeda motor masih menjadi salah satu kendala pada penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini. Pada kesempatan tersebut Menhub kembali menghimbau agar masyarakat tidak mudik dengan sepeda motor.

“Kendala terbesar adalah banyak yang masih naik sepeda motor, naik sepeda motor ini bahaya, saya tidak menganjurkan, dengan segala kerendahan hati saya minta naik bus saja, naik kereta api saja, jangan naik sepeda motor. Kecelakaan 70% melibatkan sepeda motor. Maka kalau ada saudara-saudara yang mudik naik sepeda motor itu bahaya,” jelas Menhub.

Seiring dengan adanya tambahan waktu cuti bersama pada Lebaran tahun ini,  Menhub juga meminta kepada masyarakat untuk dapat mudik lebih awal atau sekitar H-7 Lebaran. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas.(helmi)