Angkasa Pura 2

UPP Kendawangan Komit Dukung Angleb dan Jaga Keamanan Kenyamanan Pelabuhan

DermagaSenin, 14 Mei 2018
IMG-20180514-WA0005

IMG-20180514-WA0000

KENDAWANGAN (BeritaTrans.com) – Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Kendawangan, Kalimantan Barat berkomitmen untuk senantiasa menjaga keamanan dan kenyamanan pelabuhan dan sekitarnya serta mendukung sepenuhnya angkutan Lebaran (angleb) 2018

Untuknya, digelar kegiatan terkait seperti gotong royong membersihkan sekitar pantai dan pelabuhan melibatkan seluruh unsur di wilayah tersebut dan menghadirkan Camat Kendawangan H. Asdewi didukung Polsek kendawangan. dan Koramil kendawangan.

Kepala UPP Kendawangan, Capt. Herbert E.P Marpaung menyampaikan, pihaknya juga melaksanakan Apel kesiapan angkutan Lebaran dan kegiatan Guyub Rukun Unsur Maritim yang dilaksanakan Senin (14/5/2018).

IMG-20180514-WA0004

“Kegiatan ini guna memastikan kesiapan seluruh instansi pemerintahan di Pelabuhan Kendawangan beserta seluruh unsur maritim dalam menjaga
keselamatan dan keamanan berlayar, keamanan dan ketertiban pelabuhan serta perlindungan lingkungan maritim selama bulan suci Ramadhan dan Lebaran,” papar Capt. Herbert di Kendawangan.

Selain itu kata dia, untuk meningkatkan koordinasi dan kerukunan antarinstansi pemerintahan di pelabuhan, unsur maritim Pelabuhan Kendawangan dan masyarakat sekitar.

Adapun unsur yang terlibat pada kegiatan ini antara lain Kantor UPP Kelas III Kendawangan (Syahbandar), Pos TNI-AL,
Pos Pol. Air, KP3 Pelabuhan Kendawangan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kendawangan, Mitra Kerja Pelabuhan Kendawangan seperti perusahaan Pelayaran/Keagenan, Terminal Khusus, TKBM, Organda, Awak Kapal, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Sekitar Pelabuhan.

“Dalam kesempatan ini sekaligus dilaksanakan pembentukan Posko Angkutan Lebaran Pelabuhan Kendawangan dengan Koordinator posko: Syahbandar Kendawangan dan anggota posko: seluruh unsur pemerintahan di Pelabuhan Kendawangan,” kata Capt. Herbert.

Kenapa dibuatkan Posko? Tak lain adalah untuk respon cepat terhadap keadaan darurat terkait keselamatan dan keamanan berlayar, keselamatan, dan keamanan pelabuhan serta perlindungan lingkungan maritim selama Ramadhan dan Lebaran.

Selain itu ditambahkannya, Posko dibuat untuk pengendalian keselamatan, keamanan serta ketertiban kegiatan dan
pergerakan penumpang/orang di pelabuhan selama Ramadhan dan Lebaran.

IMG-20180514-WA0009

Sedangkan kegiatan gotong royong yang juga dilaksanakan hari ini, melibatkan sedikitnya 100 personel dari instansi pemerintahan di pelabuhan, unsur
maritim Pelabuhan Kendawangan, masyarakat sekitar dan relawan.

“Area pelaksanaan kegiatan gotong-royong meliputi perairan dan pesisir sekitar fasilitas pelabuhan kendawangan dan area daratan yang dibagi dalam empat zona,” ungkapnya.

Zona 1: area fasilitas Pelabuhan Kendawangan, Zona 2: selatan area fasilitas Pelabuhan Kendawangan, Zona 3: utara area fasilitas Pelabuhan Kendawangan, dan Zona 4: gorong-gorong jalan akses pelabuhan.

Untuk melaksanakannya, dikerahkan satu unit Speed KUPP Kendawangan, satu unit Speed TNI AL, satu unit Speed Pos Pol. Air, dua unit perahu klotok masyarakat. Selain itu saru truk, tiga unit pick up, dan peralatan gotong royong sejumlah peserta.

“Dengan adanya rangkaian kegiatan hari ini, diharapkan keamanan, kebersihan, dan kenyamann area pelabuhan Kendawangan dapat terjaga,” tutup Capt. Herbert. (omy)