Angkasa Pura 2

Lebaran Libur Panjang, Dirjen Hubla Minta Masyarakat Lakukan Early Booking

DermagaSelasa, 15 Mei 2018
IMG-20180515-WA0027

JAKARTA (BeritaTrans.com) РDirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan R.Agus Purnomo meminta aparat khususnya di lingkungan Hubla menyiapkan  fasilitas dan infrastruktur transportasi laut yang baik, selamat, aman dan nyaman.

“Prediksi pemudik dengan kapal laut pada Lebaran 2018 diproyeksikan sekitar 2.3 juta orang. Tapi dengan penambahan libur Lebaran nanti, ada potensi pemudik yang lebih besar,” kata Agus Purnomo saat membuka Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Oleh karena itu, lanjut Dirjen Hubla, masyarakat juga harus sadar dan melakukan early booking termasuk mudik gratis sekalipun. Angkutan Lebaran (Angleb) nanti harus lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Libur Lebaran 2018 bisa mencapai dua pekan. Orang yang semula tak akan pulang, bisa jadi ikut mudik. “Jika harga tiket pesawat mahal, maka ada potensi penumpang beralih menggunakan kapal laut,” sebut Dirjen Hubla.

Kendati begitu, Dirjen Hubla memastikan tiket kapal laut khususnya Pelni tak naik saat Angleb 2018. “Biar masyarakat enjoy dan naik kapal. Beban jalan pun akan berkurang,” harap dia lagi.

“Pemerintah menyiapkan sarana Angleb, tapi kapasitasnya terbatas. Masalah ini yang harus disiapkan dan diantisipasi sejak dini,” papar Dirjen Hubla

Dia menyebutkan, ada beberapa daerah yang mengalami pertumbuhan ekonomi bagus ada potensi pemudik akan bertambah. “Hal ini yang harus diantisipasi petugas baik Pemerintah, BUMN atau swasta,” jelas Dirjen Hubla.

Mereka itu antara lain daerah Sumatera Utara, Batam, Kalimantan Barat, Kalteng, Kaltim, Sulawesi dan lainnya. “Masyarakat mudik ingin happy, jangan sampai terjadi sebaliknya. Ini tugas kita bersama menjelang¬† Angkutan Lebaran (Angleb) dengan lebih baik,” papar Dirjen Hubla.(helmi)

loading...