Angkasa Pura 2

Pemerintah Siapkan 12 Titik dan 7 Jembatan Timbang Untuk Rest Area Selama Mudik Lebaran

Aksi Polisi KoridorSelasa, 15 Mei 2018
IMG-20180515-WA0037

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Korlantas Polri, bersama Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, Pemda dan lainnya  menyiapkan 12 titik rest area bagi pemudik Lebaran 2018,  terutama pengguna sepeda motor.

“Selain itu ada 7 jembatan timbang (GT) Kementerian Perhubungan yang akan difungsikan sebagai rest area bagi pemudik,”  kata Kasubdit Dikmas Korlantas Polri Kombes Darto Jauhartono di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Dia menyampaikan itu saat jumpa pers bersama Dirjen Hubdat dan BUMN usai rapar koordinasi mudik Lebaran  gratis  2018.

Rest area tersebut tersebar di  sepanjang jalur mudik mulai Palembang, Lampung dan seluruh Jawa  dari Baten sampai Jawa Timur. Semua bisa dimanfaatkan pemudik untuk istirahat melepas lelah di perjalanan.

“Pemerintah termasuk Korlantas Polri dan Kemenhub sangat tak merekomendasikan mudik dengan  sepeda motor. Sebagai solusinya disiapkan mudik gratis untuk 31.000 orang  lebih dengan berbagai moda  sebagai pengganti sepeda motor itu,” jelas Darto.

Namun, jika ada warga masyarakat yang terpaksa mudik dengan sepeda motor tak bisa dilarang. “Mereka harus diawasi dan difasilitasi dengan baik dan bisa istirahat yang cukup di sepanjang jalur mudik,”  papar Darto lagi.

Yang pasti, menurut  dia, pemudik dengan sepeda motor harus mengikuti aturan dan UU LLAJ. Tak boleh membawa lebih dari dua orang, tak boleh membawa barang melebihi batas dan lebih lebar dari rentang kemudi dan sebagainya. Dan tentunya kendaraan harus laik jalan.

Istirahat di Kantor Polisi

Darto menambahkan,  seluruh kantor polisi mukai Polda, Polres sampai Polsek selama arus mudik dan balik akan menerima pemudik yang akab beristirahat.

“Jadi, warga masyarakat memanfaatkan kantor polisi sebagai rest area demi keselamatan lalu lintas selama mudik/ balik Lebaran 2018,” papar Darto.

Dia menmbahkan, mudik dengan sepeda motor sangat tidak disarankan. Mudik dengan kendaraan roda dua sangat rentan kecelakaan.

“Lebih baik ikut mudik gratis daripada memaksakan diri pulang dengan sepeda motor,” tegas Darto.(helmi)