Angkasa Pura 2

Dirbinkes: Pengemudi Angkutan Lebaran Harus Bebas Narkoba dan Miras

Koridor SDMRabu, 16 Mei 2018
IMG-20180514-WA0031

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktor Pembinaan Keselamatan (Dirbinkes), Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  Ahmad Yani, ATD, MT mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Kepolisian dalam hal ini Divisi Pendidikan Masyarakat Korlantas serta Kementerian Kesehatan untuk memeriksa kesehatan pengemudi. Semua pengemudi angkutan umum harus bebas narkoba dan miras.

“Pemeriksaan akan dilakukan kepada semua pengemudi yang akan membawa penumpang termausk pemudik gratis pada angkutan Lebaran 2018. Semua kendaraan harus dipastikan dikemudiakn oleh awak angkutan yang profesional dan perform di bidangnya,” kata Dirbinkes Ahmad Yani menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, kemarin.

Dikatakan, pemeriksaan kesehatan kepada pengemudi dimaksudkan untuk mengetahui, orang  yang mengidap penyakit-penyakit tertentu tidak diperkenankan menbgemudikan kendaraan atas nama kesehatan.

Dari hasil pemeriksaan berdasarkan tes urin tes darah dan lain sebagainya akan diketahui, rang itu bisa mengemudikan kendaraan atau tidak dari sisi keselamatan transportasi.

“Bagi mereka yang terbukti mengidap penyakit tertentu, dan oleh tim medis dinilaintak laik jalan, maka tak diperkenankan mengemudikan angkutan umum,” papar Yani.

Seperti diketahui, tahun ini Kemenhub menyelenggarakan mudik gratis dengan penyediaan sebanyak 1.135 bus dan tiga kapal roro untuk tiga jurusan, Semarang, Surabaya dan Lampung.

Dirjen Hubdat Budi Setiyadi menambahkan, tujuan penyelenggraan mudik gratis tahun ini juga bertambah dari 26 tujuan menjadi 32 tujuan, termasuk Lampung, Palembang dan Padang.

Namun, untuk kapal Roro kuota mudik gratks baru mencapai 40 persen. “Mudik gratis kita saat ini bus bukan yang ekonomi, tapi premium dan pariwisata agar aspek fisik kelaikan jalan terpenuhi,” tandas Dirjen Hudat.(helmi)