Angkasa Pura 2

Ini Langkah Strategis Kemenhub untuk Tekan Laka Lantas Selama Mudik Lebaran

KoridorRabu, 16 Mei 2018
Mudik Gratis JR

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Berkaitan dengan Mudik Lebaran 2018, Ditjen Hubdat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  telah mempersiapkan sejumlah sarana dan langkah strategis untuk menyambut penyelenggaraan Angkutan Lebaran.

“Untuk menunjang aspek keselamatan saat mudik, tak hanya mengimbau pemudik untuk tidak menggunakan sepeda moto. Ditjen Hubdat memfasilitasi pemudik dengan menghadirkan program Mudik Gratis 2018,” kata Direktur Pembinaan Keselamatan (Dirbinkes) Ditjen Hubdat Ahmad Yani di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Fokus utama penyelenggaraan mudik gratis adalah untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya khususnya pengguna sepeda motor. Mereka itulah yang selama ini menyumbang kasus kecelakaan terbesar di Tanah Air.

“Implikasi mudik gratis itu sekaligus menekan kepadatan di jalan raya. Sejak beberapa tahun terakhir makib banyak pemudik menggunakan sepeda motor sekaligus paling banyak menjadi korban kecelakaan,” jelas Yani.

Mudik Bus dan Kapal Roro

Dikatakan Yani, untuk sektor Perhubungan Darat misalnya, disediakan 1.130 bus untuk mudik gratis. Bus tersebut dapat menampung lebih dari 50.000 pemudik. Mereka akan diantar ke berbagai kota tujuan mulai Sumatera Selatan sampai ke Jawa Timur.

Selain itu, papar Yani, pihaknya juga  menyiapkan kapal penyeberangan Roll On-Roll Off (Ro- Ro) ke tiga tujuan, masing-masing Jakarta-Panjang, Lampung. Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Surabaya.

Dari jumlah tersebut, menurut Yani,   saat ini kuota mudik menggunakan bus telah habis. Pendaftaran dilakukan secara online dan sudah ditutup pekan lalu.

“Namun pemudik masih bisa mendaftarkan dirinya untuk menumpang dengan kapal Ro- Ro yang disediakan untuk menyeberangi rute Jakarta- Lampung. Selain itu juga ke  Semarang dan ke Surabaya,” tegas Yani.(helmi)