Angkasa Pura 2

Kapal KMP Munic XI Kandas di Perairan Lombok Barat, 108 Penumpang Dievakuasi

DermagaRabu, 16 Mei 2018
KMP Munic XI-1

KMP Munic XI

LOMBOK BARAT (BeritaTrans.com) – Kapal ferry KMP Munic XI kandas di perairan Gili Nanggu, Lombok Barat, Selasa (15/5/2018) malam sekitar pukul 22.00 Wita. Sebanyak 108 orang penumpang yang ada di dalam kapal tersebut selamat.

“Proses evakuasi berlangsung mulai pukul 04.00 sampai pukul 06.15 Wita. Semuanya penumpang selamat. Termasuk ABK (anak buah kapal),” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya.

Pihaknya mengaku menerima laporan dari petugas Vessel Traffic System (VTS) pelabuhan terkait kecelakaan pelayaran tersebut. Menindaklanjuti laporan itu, tim rescue diterjunkan ke lokasi kejadian. Dengan mengerahkan armada kapal KN SAR 220 Mataram, beserta kru untuk melakukan evakuasi terhadap penumpang kapal.

“Bersama KPLP Lembar, KSOP Lembar, Pol Air Lembar, dan KP3 Lembar seluruh penumpang berhasil dievakuasi dan dibawa menuju pelabuhan penyeberangan Lembar untuk didata lebih lanjut,” ungkapnya.

Ia menuturkan, dalam proses evakuasi penumpang, ada dua kapal yang diterjunkan. Yakni KN SAR 220 Mataram milik kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram dan KN 345 milik KPLP Lembar. “Ditambah perahu karet (rubber boat),” terangnya.

Menyinggung penyebab kandasnya kapal, diakui tidak ada kerusakan pada mesin kapal. Kandas, semata-mata surutnya air laut, dan lambung kapal mengenai karang di dasar laut. “Sejauh ini informasinya seperti itu,” imbuh Sidakarya.

Selain orang, kapal itu juga memuat kendaraan. Terdiri dari 3 truk ukuran besar, 6 truk sedang, 4 mobil, dan 7 motor. Sedangkan untuk kapal sendiri, pihaknya masih menunggu air pasang dengan menggunakan kapal Tug Boat.

“Semua sudah di evakuasi, cuma masih ada ABK kapal sekitar 22 orang yang stay di kapal. Menunggu air pasang untuk menarik kapal menuju Pelabuhan Lembar,” pungkasnya.

Sementara itu, Humas PT ASDP Ferry Cabang Lembar, Denny N Putra menerangkan, para penumpang yang sudah dievakuasi ke Pelabuhan Lembar, langsung dipulangkan. Hanya saja, untuk beberapa kendaraan yang masih di dalam kapal belum bisa dievakuasi saat itu.

“Sudah diimbau kepada pemilik kendaraan untuk meninggalkan kuncinya, sampai nanti kapal bisa ditarik menuju lembar,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, KMP Munic XI bertolak dari Pelabuhan Padangai Bali sekitar pukul 18.00 Wita. Kapal ini diestimasikan tiba di Pelabuhan Lembar sekitar pukul 22.30 Wita. Namun pada pukul 11 malam, pihaknya mendegar informasi jika kapal berpenumpang itu kandas di perairan Gili Nanggu.

(lay/sumber dan foto: lombokpost.net).
“Semalam (kemarin) dapat info dari pihak KPLP dan Basarnas penumpang. Karena cuaca evakuasi selesai sekitar 06.30 Wita tadi pagi,” jelasnya.