Angkasa Pura 2

Semarang Kota Paling Diminati Pemudik Gratis dengan Kapal Roro

Koridor OtomotifKamis, 17 Mei 2018
IMG-20180515-WA0050

IMG-20180517-WA0021

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mudik gratis dengan kapal roro masih terus dibuka. Dari tiga rute yang ditawarkan, tujuan semarang, Jawa Tengah  tercatat paling tinggi peminatnya.

Mudik dengan kapal roro dibuka untuk penumpang dan kendaraan sepeda motor yang selama ini dinaiki sampai ke kampung halaman.

Data Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemnhub) Kamis (17/5/2018) menyebutkan, pendaftar mudik dengan kapal roro tercatat 374 orang, dan arus baliknya 371 orang atau 37% dari kapasitas yang disipkan.

Untuk  mudik tujuan Panjang, Lampung tercatat sebesar 176 orang, dan arus balikya 176 orang atau 18%. Mudik tujuan Surabaya, Jawa Timur tercatat sebesar 176 orang, dan arus baliknya 174 orang atau 17%.

Sementara, untuk mudik gratis sepeda motor tujuan Semarang tercatat 179 unit, dan arus balik Lebaran 179 unit atau 36% dari kapasitas.

Selanjutnya mudik ke Surabaya untuk seeda motor  tercata 96 unit dan arus baliknya 94 unit atau 19%. Sedang tujuan Panjang, Lampung mudik sepeda motor tercatat 84 unit, dan arus balik  84 unit atau 17%.

Penddaftaran masih Buka

Sebelunya, Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Budi Setiyadi mengakui, anomi mudik gratis dengan bus dan sepeda motor diangkut truk sudah penuh. Pendaftaran ditutup sejak dua pekan silam.

Sementara, animo masyarakat untuk ikut mudik gratis termasuk dengan sepeda motornya masih tinggi. Mereka itulah yang selama ini pulang mudik saat Lebaran dengan naik sepeda bersama keluarganya.

“Wargayang berminat, silakan mendaftar selama persediaan masih ada. Pemerintah membuka kesempatan ini, tapi ada batasnya,” kata Dirjen Budi beralasan.

“Untuk itu, Ditjen Hubdat mengupayakan mudik gratis dengan kapal roro, langsung ketiga tujuan, yaitu Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang dan jakarta-Surabaya. Ini meruakan upaya pemerintah menekan angkta kevelakaan sekaligus melayani warga masyarakat yang akan merayakan Lebaran di kampung halaman,” jelas Dirjen Hubdat.

Dia menambahkan,  warga masyarakat khususnya yang akan mudik dengan sepeda motor disarankan untuk beralih menggunakan kapal roro ini. Mudik dengan kapal roro lebih nyaman dan tingkat keselamatan tinggi.

“Pemeritah menyiapkan tiga kapal roro untuk mudik gratis. semua dibiayai dengan dana APBN. Sayang jika tak dimanfaatkan, sementara kapal tersebut dibiayai dengan ang rakyat pula,” tegas Dirjen Hubdat.(helmi)