Angkasa Pura 2

Jelang Angleb 2018, Begini Persiapan di Terminal Tipe A Terpadu Merak Banten

KoridorMinggu, 20 Mei 2018
images-15

IMG-20180520-WA0017

MERAK (BeritaTrans.com) – Posko Angkutan Lebaran (Angleb) Terpadu di BPTD, telah disiapkan tim monitor,  pemantauan. Koordinasi dengan Polda Banten dan aparat terkait mulai dilakukan.

Direktur Prasarana Perhubungan Darat Ir. JE Wahjuningrum, MM dalam kunjungan kerja ke Terminal Tipe A Terpadu Merak, Minggu (20/5/2018) dilaporkan,  persiapan menjelang Angleb 2018 sudah dilakukan bersama pihak terkait di Banten, khususnya Merak.

Di Terminal Tipe A Merak, akan ada personil keamanan yang ditempatkan di terminal. Mereka adalah personil kemanan dari Korem, Polda, Polres dan Polsek di wilayah Banten.

Personil di Posko  Angleb disiapkan untuk dua shift. Sementara, kerjasama dengan PO Bus dan PT Jasa Raharja. Mulai H-7 Lebaran, akan menyiapkan takjil bagi pemudik dan warga yang beraktivitas di sekitar Terminal Tipe A Merak, Banten.

Selanjutnya, Koordibator Satuan Pelaksana (Korsatpel) untuk kebersihan sebanyak 6 orang dan di bantu Pemda.

Petugas keamanan  6 orang security, dan  Polri akan menempatkan personil di sejumlah titik rawan, dan jalan-jalan tikus di Terminal akan ditutup pagar sementara (dalam minggu ini).

Jumlah petugas Terminal Tipe A Merak untuk Angleb sebanyak 69 orang akan dilibatkan secara langsung, akan ada tim input data.

Rakor dengan Polda

Rakor dengan Polda Banten akan dilakukan minggu depan untuk keamanan Terminal  Merak dan Pelabuhan Merak, Banten.

Saat ini, jumlah PO Bus yang beroperasi di Terminal Merak ada 47 perusahaan. Dengan jumlah armada 371 kendaraan AKAP.

Selain itu ada rencana izin insidentil untuk 116 kendaraan guna menghadapi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran.

Sejauh ini,  sudah dilakukan ramp check pada  371 bus  secara periodik dan dinyatakan laik jalan untuk operasional Angleb 2018.

Untuk kemudahan pengguna jasa difabel, dan kebutuhan khusus akan akan di bantu oleh PT Jasa Raharja dan Pramuka.

Selanjutnya Direktur Prasarana Hundat meminta agar CCTV  disiapkan di sudut-sudut terminal. “Buat SOP keamanan dan spanduk call center bila ada keadaan mencurigakan dan keadaan darurat,” tegas Yuyun, sapaan akrab dia.(helmi)