Angkasa Pura 2

Landasan Amblas, Bandara Juanda Sempat Ditutup tadi Siang

Bandara KokpitMinggu, 20 Mei 2018
lion-air-_-di-bandara-553x400

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Landasan Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur sempat mengalami amblas saat pesawat Lion Air JT922 tujuan Denpasar akan terbang dan bandara sempat ditutup hari ini (20/5/2018) dengan keluarnya Notam dari otoritas penyelenggara penerbangan.

Namun sekitar pukul 12.30 WIB Notam pembukaan kembali landasan dikeluarkan dan dinyatakan aman untuk proses lepas landas dan mendarat.
Lion Air memberikan keterangan resmi bahwa proses penanganan JT922 dilakukan berdasarkan prosedur yang berlaku dan berjalan dengan baik.

“Penerbangan JT922 mengalami keterlambatan keberangkatan dari yang seharusnya take off pada 10.30 WIB, dikarenakan kondisi aspal di ujung landas pacu tidak berfungsi dengan baik (kondisi amblas),” ujar Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro di Jakarta, Ahad (20/5/2018).

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot menunda keberangkatan ketika pesawat di posisi bersiap untuk lepas landas. Pukul 10.30 WIB dan mengabarkan bahwa pada roda depan (nose wheel) tersangkut aspal sehingga menyebabkan pesawat tidak bisa bergerak maju.

Dengan kerja sama yang baik antara Lion Air, pengelola bandar udara, perusahaan layanan darat (ground handling) dan berbagai pihak, pesawat Boeing 737-900ER (B739) registrasi PK-LGJ sudah dilakukan penarikan (towing) menuju landas parkir (apron)menggunakan kendaraan penarik pesawat (pushback car).

“Seluruh kru pesawat, 179 penumpang dewasa, tujuh anak-anak serta tiga bayi dalam keadaan selamat dan sudah mendapatkan layanan terbaik dengan dikembalikan menuju ruang tunggu keberangkatan (boarding gate),” ungkapnya.

Lion Air JT922 akhirnya dapat diberangkatkan pada pukul 13.41 WIB dan tiba di Denpasar pukul 15.50 WITA dengan aman dan selamat. (omy)