Angkasa Pura 2

Kolaborasi Operator Bandara-Dunia Pendidikan, BIJB Didik Personelnya di STPI Curug

Bandara SDMSenin, 21 Mei 2018
rencana_bandara_kertajati

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati merupakan hasil kolaborasi apik antara Pemerintah Pusat, Daerah dan Swasta bahkan dunia pendidikan terutama STPI Curug.

Dengan model pembiayaan melalui kolaborasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berjalan apik. “Artinya Bandara ini punya Kita : Indonesia,” sebut akun @bijb.

BIJB sesuai rencana mulai dioperasiokan tahun 2018. Saat arus mudik Lebaran 2018, BIJB yang berada di daerah Kertajati, Majalengka, Jawa Barat itu diproyeksikan mulai beroperasi.

BIJB diharapkan bisa mengurangi beban dan kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Untuk Jakarta panjang, seperti arahan Presiden Jokowi, Bandara Kertajati di Majalengka akan dioperasikan untuk melayani penerbangan Haji dan Umrah dari Indonesia ke Tanah Suci.

Dari sisi SDM, manajemen BIJB sudah menjalin kerja sama dengan STPI Curug. Puluhan putra terbaik di daerah Majalengka direkrut dan dididik menjadi insan penerbangan yang andal.

Mereka secara bertahap mengikuti diklat di STPI Curug, mulai peronel Aviatin Security (Avsec), PK-PPK. Demikian juga SDM profesional seperti calon ATC, dan operator bandara lainnya, kini tengah mengikuti diklat di STPI.

BIJB dan STPI Curug sudah teken kerja sama resmi di bidang diklat. BIJB akan mengirimkan personelnya untuk belajar dan mengambil berbagai jenis diklat di STPI Curug.

Puluhan lulusan STPI Curug kini sudah mulai direkrut dan bekerja dibawah manajemen BIJB. Mereka bekerja di berbagai sektor terkait operasional BIJB di masa mendatang.

Ketua STPI Curug Capt. Novyanto Widadi membenarkan piluhan personel BIJB kini tengah mengambil diklat di STPI. Kamus STPI mendukung sepenuhnya operasional BIJB di masa mendatang.

Selain itu, beberapa taruna STPI dari berbagai prodi di STPI juga dipesan dan dipersiapkan untuk mengisi formasi kebutuhan SDM profesional di BIJB.(helmi)

Foto: dok, ilustrasi