Rini Soemarno: Tambah BUMN Dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

  • Oleh : an

Senin, 21/Mei/2018 05:45 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah melalui Kementerian BUMN akan terus menambah jumlah BUMN yang terlibat Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, sehingga semakin banyak mahasiswa yang bisa berpartisipasi dalam program ini.

"Saya bangga ada 68 BUMN yang terlibat dalam program ini,saya akan terus mendorong BUMN untuk bersinergi. Kepada para mahasiswa pesan saya, berkarir di BUMN merupakan kesempatan yang bagus. Jadi, manfaatkanlah peluang ini," kata Menteri BUMN Roni Soemarno di Jakarta, kemarin.
Dalam kesempatan tersebut, Herdy Herman, Ketua Umum FHCI mengungkapkan, Program Magang Bersertifikat diselenggarakan dengan tujuan sebagai program dalam rangka pengayaan wawasan dan keterampilan untuk mempersiapkan mahasiswa masuk ke dunia kerja terutama dalam menghadapi persaingan global dengan berbekal sertifikat kompetensi.
Bagi perguruan tinggi, program ini bertujuan untuk kalibrasi link dan match kurikulum serta silabus antara yang disampaikan di perguruan tinggi dengan yang dibutuhkan oleh industri. Bagi industri, melalui program ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber rekrutasi karyawan sesuai kebutuhan, disamping juga untuk meningkatkan company branding bagi perusahaan.
FHCI mencatat, program magang gelombang pertama tahun 2018 ini telah terdaftar 2.732 mahasiswa dari 25 universitas negeri dan swasta. Peserta magang akan terdistribusi di 68 perusahaan BUMN. Jumlah peserta yang akan terserap tahap I sebanyak 2.000 dari 2.732 permintaan yang masuk. Sampai tahun 2020 ditargetkan 20.000 mahasiwa bisa bergabung dalam program ini.
Kita terus membuka selebar-lebarnya peluang magang di BUMN bagi mahasiswa yang memenuhi syarat untuk mengikuti magang guna meningkatkan kompetensi dan menyiapkan diri memasuki lapangan kerja," tandas Herdy.(helmi).