Angkasa Pura 2

Airnav Tegaskan Tak Ada Jual Beli Slot Penerbangan

Bandara KokpitSelasa, 22 Mei 2018
IMG-20180522-WA0036

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Airnav Indonesia menegaskan bahwa pihaknya tidak ada jual beli slot penerbangan. Semua yang dilaksanakan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pengelola slot Indonesia Slot Coordinator (IDSC).

“Kami tegaskan bahwa tidak ada jual beli slot time penerbangan, semua dilayani secara adil sesuai dengan pengajuan,” jelas Direktur Utama Airnav Indonesia Novoe Riyanto di Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Apalagi menjelang angkutan Lebaran (angleb) 2018, dia menyampaikan bahwa pihaknya akan sangat menjaga agar ‘fitnah’ yang pernah muncul pada angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 terkait jual beli slot tidak akan terjadi lagi.

AirNav Indonesia bersama pihak-pihak-terkait telah bersepakat untuk memberikan batas waktu bagi maskapai penerbangan yang ingin mengajukan extra flight selama periode mudik lebaran, paling lambat 25 Mei 2018.

“Kami berharap, seluruh maskapai yang beroperasi bisa menyesuaikan dan menyusun rencana extra flight dengan baik agar traffic penerbangan sepanjang peak season bisa berjalan sesuai harapan,” ujarnya.

Airnav juga telah melakukan berbagai persiapan, baik dari sisi peralatan, hingga sumber daya manusia yang andal untuk memastikan lalu lintas penerbangan di masa puncak (peak season) arus mudik berjalan dengan lancar. 

“Tahun 2017 lalu jumlah extra flight sebanyak 2.834. Untuk tahun ini belum diputuskan namun diharapkan tidak jauh berbeda jumlahnya,” kata Novie.

Kepada bandara-bandara yang belum beroperasi 24 jam juga diharapkan dapat segera menyesuaikan jam operasional dengan penerbangan tambahan. Agar terjadi kesesuaian antara bandara asal dan destinasi. (omy)