Angkasa Pura 2

KSOP Semarang Siap Layani Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

Dermaga KoridorSelasa, 22 Mei 2018
IMG-20180515-WA0021

JAKARTA (BeritaTrans.com) – KSOP Tanjung Emas Semarang Ahmad Wahid, MT, M.Mar.E mengaku siap melayani arus mudik dan balik Lebaran 2018, khususnya moda transportasi laut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah.

“Secara teknis kita siap. KSOP Tanjung Emas Semarang bersama pihak terkait seperti  PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas, KPLP, Disnav Semarang, Dishub, BPTD, Polri, TNI-AL dan lainnya, sudah mempersiapkan diri menyambut datangnya arus mudik dan balik di Semarang,” kata Ahmad Wahid  dalam perbincangan dengan BeritaTrans.com di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, KSOP Semarang mempersiapkan area parkir dan jalur khusus bagi sepeda motor  peserta mudik gratis baik dengan kapal laut atau kapal roro yang naik dan turun di Pelabuan Tanjung Emas Semarang.

“Nanti akan ada jalur tersendiri  bagi sepeda motor yang baru turun atau akan naik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,” jelas Wahid.

Pengalaman selama ini,  kata dia, arus mudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang melonjak sejak H-7 Lebarang sampai H+7 Lebaran pada arus baliknya. “Selama rentang waktu itu, KSOP Semarang bersama pihak terkait akan siaga penuh dan siap melayani warga masyarakat,” papar Wahid.

Selain itu, Pokso terpadu Mudik Lebaran juga sudah disiapkan dengan menurunkan personel gabungan. Nanti ada perwakilan dari berbagai instansi di Posko Lebaran Terpadu tersebut. “Jadi, mereka bisa melayani masyarakat sesuai bidang tugas masing-masing,” sebut dia.

Ada Bus dari Pelabuhan Tanjug Emas

Untuk melayani angkutan lanjutan dari Pelabuhan Tanjung Emas ke berbagai kota tujuan di Jawa Tengah, menurut Wahid, KSOP Semarang bekerja sama dengan pihak terkait terutama PO bus AKAP/ AKDP yang bisa melayani trayek dari dan menuju Kota Semarang.

“Nanti akan ada bus reguler yang masuk dan melayani angkutan langsung dari Pelabuhan Tanjung Emas. Dengan begitu, arus mudik khususnya dari Kalimantan, Batam, Raiau dan lainnya bisa langsung naik bus ke tujuan masing-masing,” terang mantan Direktur PIP Makassar itu.

Dia berharap, semoga cuaca bersahabat selama arus mudik dan balik Lebaran 2018. “Semua kapal yang melayani rute ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan sebaliknya bisa dilayani dengan baik dan tak ada kasus-kasus yang tak diinginkan,” tegas Wahid.(helmi)