Angkasa Pura 2

Lindungi dan Monitoring Pengemudi, Ditjen Hubdat Akan Terbitkan e-Logbook

KoridorRabu, 23 Mei 2018
IMG_20180522_110641

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan segera menerbitkan sistem aplikasi e-logbook untuk memonitor dan sekaligus melindungi para pengemudi angkutan umum.

“Aplikasinya sebelum lebaran ini akan diujicobakan,” kata Direktur Pembinaan Keselamatan Ditjen Hubdat Ahmad Yani saat jadi pembicara di kegiatan sosialisasi “Kelaikan Kendaraan, Jam Kerja dan Tempat Istirahat Pengemudi pada Angkutan Lebaran Tahun 2018″ yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Terminal Tipe A Pulogebang, Jakarta Timur, Selasa (22/5/2018).

Yani mengatakan aplikasi e-logbook dapat diunduh melalui telepon seluler berbasis android. Aplikasi ini berisi antara lain data perusahaan dan data pengemudi, termasuk data kesehatan pengemudi.

“Nantinya pengemudi juga memiliki kartu pengenal elektronik yang berisi data-data pribadi dan sekaligus dapat berfungsi sebagai uang elektronik,” kata Yani.

Aplikasi e-logbook untuk sementara baru akan diberlakukan pada pengemudi Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP). Selain itu aplikasi ini juga baru akan ditetapkan kepada 9 operator bus prioritas.

“Nantinya aplikasi ini akan diberlakukan kepada semua operator bus dan semua rute, baik AKAP, AKDP, dan angkutan kota,” katanya. (aliy)