Angkasa Pura 2

Nakhoda Speed Boat Diingatkan Agar Lebih Waspada Saat Pelayaran

DermagaKamis, 24 Mei 2018
IMG-20180524-WA0035

IMG-20180524-WA0033

TARAKAN (BeritaTrans.com) – Nakhoda speed boat atau kapal cepat diingatkan agar lebih waspada dan berhati-hati mengemudi pada saat pelayaran.

“Karena wilayah Kalimantan Utara sebagan sungai dan banyak kayu yang dapat menjadi rintangan,” ujar Kepala KSOP Kelas III Tarakan, Kalimantan Utara Letkol Marinir Abdul Rahman Melalui Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, Syaharuddin di Tarakan, Kamis (24/5/2018).

Kayu-kayu yang melalui sungai bisa saja membentur dan mengakibatkan kapal retak atau bocor sehingga dapat membahayakan keselamatan pelayaran.

Dia menyebutkan bahwa pihaknga telah melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah terjadinya musibah kapal.

“Diantaranya melakukan pelatihan peningkatan pelayaran bekerjasama dengan Dishub Provinsi Kaltara dan PIP Makassar sebagai narasumber serta pengajar. Kegiatan ini dikhususkan bagi kapal-kapal speed boat penumpang agar lebih berhati-hati dan mengetahui tata cara tindakan keselamatan diri di laut,” urai dia.

KSOP Tarakan juga mendorong pemilik kapal untuk melakukan peremajaan kapalnya yang saat ini sudah 30% terlaksana dengan desain yang lebih nyaman, kuat, dan dilengkapi pintu-pintu darurat yang luas. Dengan begitu penumpang yang mempunyai badan besar juga dapat keluar apabila terjadi kecelakaan kapal.

Lainnya adalah melakukan langkah lain yaitu memberikan peringatan awal melalui tata cara menggunakan life jacket yang ditempelkan di kapal yaitu stiker. Memasang kontak person agar dapat di hubungi apabila ada Awak kapal atau agen yang melakukan pemuatan melebihi kapasitas angkut agar segera disampaikan untuk di lakukan pencegahan.

“Kami juga selalu melakukan rapat kordinasi agar juragan/nakhoda lebih berhati-hati lagi dalam membawa kapal dan berdoa sebelum berangkat,” katanya.

Terakhir, KSOP tarakan juga setiap harinya selalu mengontrol kapal penumpang yang akan berangkat dan mewajibkan menggunakan life jacket demi keselamatan. (omy)