Angkasa Pura 2

AirAsia Ajukan Proposal Bangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta

Bandara KokpitKamis, 31 Mei 2018
images (10)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen PT AirAsia Indonesia Tbk menyampaikan minat ke PT Angkasa Pura II (Persero) untuk terlibat dalam pembangunan proyek Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta.

Seperti diketahui, AirAsia Indonesia adalah maskapai penerbangan berbiaya hemat (low-cost carrier/LCC) dan AP II adalah operator dari Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan pihaknya berharap Terminal 4 dapat didesain khusus untuk operasional LCC.

“Kita sangat tertarik, makanya kita mengajukan pernyataan minat untuk pembangunan Terminal 4 di Jakarta ini. Kita sudah ajukan secara formal ke Angkasa Pura II,” tuturnya, Kamis (31/05/2018).

Namun, Dendy belum mau berbicara banyak tentang nilai investasi yang disiapkan AirAsia Indonesia sebab pembicaraan masih berlangsung di antaranya terkait skema pembiayaan proyek tersebut.

“Kami sendiri belum tahu nanti skemanya seperti apa, apakah sebagai operator, joint venture, atau itu didedikasikan buat kita semua ya sudah. Masih dibicarakan, yang jelas kita siap,” jelasnya seperti dikutip cnbcindonesia.

Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia saat ini dan beroperasi dengan tiga terminal, yakni Terminal 1, Terminal 2, serta yang terbaru adalah Terminal 3.

Pengembangan selanjutnya dari bandara berkode CGK ini yang sudah masuk rencana adalah pembangunan landas pacu (runway) ketiga dan Terminal 4.

Terminal 4 sendiri akan dibangun di sisi utara, di atas runway ketiga. Artinya, akan dilakukan pembangunan runway ketiga dahulu baru kemudian Terminal 4.

Rencana yang pernah dipaparkan ke media, Terminal 4 akan memiliki luas sekitar 390 m2 dan dapat menampung hingga 25 juta penumpang setiap tahun atau sama dengan Terminal 3 saat ini.
(moy).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari