Angkasa Pura 2

Sosialisasi di ITS, Sugiharjo: Transhub Chalange Dorong Terobosan dan Peluang Baru

Litbang SDMJumat, 1 Juni 2018
IMG_20180601_101509

IMG_20180601_101438

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan terus mensosialisasilan Transhub Chalenge, ajang kompetisi inovasi start up. Kali ini mengambil tempat di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Jawa Timur.

Transportasi menurut Kabadan Litbanghub Sugihardjo, merupakan sektor penting dalam pembangunan Indonesia. Pihaknya sebagai regulator bertanggung jawab untuk terus membina transportasi agar dapat meningkatkan kinerja, antara lain melalui peningkatan kualitas pelayanan, keselamatan dan keamanan, serta kapasitas transportasi.

“Sebagaimana kita sadari bersama dengan semakin berkembangnya globalisasi dan sistem informasi teknologi digitalisasi saat ini, banyak peluang dan tantangan baru yang muncul dan bersifat disruptive sehingga kita harus siap menghadapi tuntutan perkembangan-perkembangan yang ada baik dari sisi SDM, regulasi, serta penguasaan teknologi,” papar Sugihardjo di Surabaya, Kamis (31/5/2018).

Melalui Transhub Challenge ini, diharapkan dapat mendorong berbagai terobosan dan perubahan cara berpikir, serta membuka peluang-peluang baru seluas-luasnya untuk berkreasi dan berinovasi dalam merespon kebutuhan peningkatan kinerja transportasi dengan melibatkan berbagai pihak termasuk perguruan tinggi, praktisi, operator, dan masyarakat dan khususnya peran aktif generasi muda dari kalangan mahasiswa, calon-calon investor start up.

Lelaki yang akrab disapa Jojo itu mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif memberikan ide-ide yang kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan berbagai masalah transportasi, melalui karya inovasi atau ide bisnis dengan mengikuti Transhub Challenge.

“Kategori peserta Transhub Challenge umum dan mahasiswa, dengan total hadiah Rp200 juta,” ungkapnya.

Selain berupa uang tunai, keuntungan yang didapatkan finalis adalah kesempatan mendapatkan proyek B2B dari pelaku Transportasi, kesempatan diinvestasikan inkubator/perusahaan transportasi, serta kesempatan untuk dipublikasikan. (omy)