Angkasa Pura 2

Awas, Ada 112 Titik Rawan Laka di Perlintasan Sebidang KA di Indonesia

Emplasemen KoridorMinggu, 3 Juni 2018
IMG-20180603-WA0006

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Setiap musim mudik Lebaran, keberadaan perlintasan sebidang antara jalan raya dan jalan rel masih cukup rawan terjadi kecelakaan lalu lintas (laka).  Saat ini ada ribuan perlintasan sebidang termasuk yang tak dijaga dan ada palang pintunya.

“Korban kecelakaan biasanya berasal dari pelintas yang jarang atau tidak pernah melintas,” kata akademisi senior dan Kepala Lab  Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang, Djoko Setijowarno kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Titik paling rawan laka, lanjut dia, terutama di perlintasan yang tidak dijaga. “Walaupun sudah dilengkapi sejumlah rambu dan marka sesuai ketentuan, tetap saja memunculkan korban,” jelas Djoko.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar pemudik harus lebih berhati hati dan cermat setiap melintas di perkintasan sebidang.

112 Titik Rawan Laka

Data terkini Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub,  menurut Djoko, di Pulau Jawa terdapat 112 perlintasan sebidang yang rawan kecelakaan.

“Di Jabar, Banten dan DKI jakarta terdapat 45 perlintasan, Jawa Tengah dan DIY 30 perlintasan dan Jawa Timur 37 perlintasan,” terang anggota MTI itu.

Djoko berharap pada musim Lebaran tahun 2018, tidak terjadi lagi kecelakaan di perlintasan sebidang.

“Kerjasama dengan pemda dan warga sekitar lebih tepat dan sangat membantu untuk mengamankan perlintasan sebidang supaya terhindar dari kecelakaan,” tegas Djoko.(helmi)