Angkasa Pura 2

Puncak Arus Mudik, Menhub Imbau Masyarakat Tak Pulang Tanggal 10-11 Juni 2018

Aksi Polisi KoridorSelasa, 5 Juni 2018
mabes polri

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau para pemudik agar pulang ke kampung halaman terutama bagi pengguna transportasi darat pada tanggal 10 dan 11 Juni 2018 agar menghindari perkiraan puncak arus mudik yang jatuh pada tanggal 8-9 dan 12-13 Juni 2018.

“Waktu mudik yang baik adalah tanggal 10 dan 11 Juni, karena preferensi puncak arus mudik ada dua yaitu di 8-9 Juni dan 12-13 Juni,” ungkap Menhub Budi pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1439 H/2018, Selasa (5/6/2018) bertempat di Mabes Polri.

Selain itu dalam kesempatan yang sama juga disampaikan bahwa perkiraan arus balik akan jatuh pada tanggal 19 & 20 Juni 2018. Menhub kembali menghimbau para pemudik untuk pulang tidak pada masa puncak arus balik.

“Arus balik puncaknya akan di tanggal 19 & 20 Juni bertepatan dengan akhir libur anak sekolah. Sebaiknya pulang pada tanggal 21-22 Juni 2018,” tambah Menhub.

Beberapa tips disampaikan oleh Menhub bagi para pemudik yang menggunakan moda angkutan darat. Hal pertama yang disampaikan adalah menggunakan sistem pembelian tiket secara online kepada para pemudik yang menggunakan bus.

“Tips memang banyak kami sampaikan kepada mereka yang menggunakan jalur darat. Kalau menggunakan bus sebaiknya gunakan dengan cara online, karena itu tanggung jawabnya lebih jelas,” pungkas Menhub Budi.

Kemudian untuk pada para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, juga dihimbau agar mempersiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik.

“Yang kedua bagi angkutan darat lainnya tentunya kalau mengendarakan mobil pribadi, persiapkan dengan baik karena jalanya panjang. Anda harus siap dengan segala sesuatu. Untuk pengendara motor saya sampaikan sebaiknya apabila lebih dari 60 km, saya sarankan tidak menggunakan motor,” tambah Menhub.(helmi)

loading...