Angkasa Pura 2

Jelang Lebaran, Ditjen Hubdat Efektifkan Pelaksanaan Ramp Check Pada Armada Angkutan Umum

Koridor OtomotifRabu, 6 Juni 2018
Dirjen Budi Setiyadi2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan  mengefektifkan pelaksanaan ramp check untuk bus  angkutan umum baik AKAP/ AKDP dan AJAD di berbagai daerah di Indonesia.

Pelaksanaan ramp check itu diutamakan bagi bus-bus yang akan digunakan sebagai kendaraan mudik gratis dan Angkutan Lebaran 2018.

Berdasarkan data resmi yang dirilis dari website http://inspeksi-ditjenhubdat.com, hasil rampcheck hingga per 5 Juni, sudah ada 19.000 bus. Mereka telah melaksanakan ramp check  di tahun 2018 dengan hasil yang beragam, baik yang lolos uji dan harus dilakukan perbaikan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat), Budi Setiyadi, mengimbau agar ramp check dilakukan semaksimal mungkin.

“Mohon ditingkatkan lagi untuk ramp check kendaraan ini. Tolong berkoordinasi juga dengan Dinas Perhubungan di tingkat kabupaten/ kota untuk melaksanakan rampcheck di daerah,” harap Dirjen Budi.

“Bagi kendaraan yang tidak lulus ramp check, tidak diperkenankan untuk beroperasi. Tidak lulus rhamp check berarti tidak laik jalan,” jelas Dirjen Budi.

69% Laik Jalan

Diantara 19.000 kendaraan yang telah dilakukan ramp check, 69%-nya telah dinyatakan laik jalan atau sekitar 13.000 bus.

Detil jumlah bus yang laik jalan yaitu jenis Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sejumlah 7.221 bus, Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 5.350 bus, Bus Pariwisata sejumlah 612 bus, dan Bus pengangkut barang sebanyak 4 bus.

Sementara 31% atau sejumlah 5.803 bus dinyatakan tidak laik jalan. Dari hasil ramp check ini, papar Dirjen Budi, bila kendaraan tidak laik jalan maka tidak dapat beroperasi selama Perusahan Otobus (PO) belum membenahi catatan yang diberikan.

Selanjutnya, bagi kendaraan yang dinyakan laik jalan akan diberikan stiker tanda sudah lolos ramp check.

Rangkaian ramp check sendiri terdiri dari pemeriksaan nomor rangka mesin, lampu, ban, rem, maupun alat dan surat kelengkapan berkendara lainnya.

Pemerintah, tambah Dirjen Hubdat, menekankan wajibnya ramp check untuk kendaraan yang akan digunakan sebagai Angkutan Lebaran 2018 demi menjamin keselamatan bagi para pemudik. (helmi)

loading...