Angkasa Pura 2

Pemerintah Komit Pasok Kebutuhan BBM Sampai Akhir Tahun 2018

Energi KoridorRabu, 6 Juni 2018
Kementerian ESDM

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintah juga akan tetap menjaga pemenuhan pasokan BBM di dalam negeri hingga akhir tahun 2018, baik untuk di daerah Jawa dan Bali serta pada saat mudik Lebaran 2018.

“Penyesuaian besaran Subsidi BBM (Solar) serta Subsidi Listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA dalam pelaksanaan APBN tahun 2018 tersebut sejalan dengan UU APBN tahun 2018,” sebut keterangan resmi Kementerian ESDM di Jakarta.

Khusus menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2018, Kementerian ESDM melalui PT Pertamina siap memasok kebutuhan BBM di jalur mudik dan balik Lebaran. Pertamina akan mengisi stok BBM di SPBU terutama di jalur utama mudik tahun ini.

Selain itu, untuk jalur tol termasuk yang masih fungsional akan disiapkan BBM di kios-kios atau tanki BBM di berbagai titik, sehingga pemudik tak perlu khawatir akan kehabisan BBM di tengah perjalanan.

Pertamin juga menyiapkan kios-kios BBM di jalan tol fungsional. Bukan hanya itu, BUMN migas itu menyiapkan sekitar 200 motoris yang siap memaspk kebutuhan BBM terutama jika terjadi kemacetan panjang dan SPBU resmi belum dibangun.

Selanjutnya, terkait rencana permintaan tanbahan subsidi BBM solar, Kementerian ESDM akan mengkomunikasikan dengan komisi VII DPR yang membidangi sektor migas.

Di samping itu, perkembangan indikator migas serta kenaikan pendapatan migas, penyesuaian subsidi BBM dan subsidi listrik, serta perkembangan besaran APBN tahun 2018 secara keseluruhan akan disampaikan Pemerintah ke DPR dalam Laporan Semester I pelaksanaan APBN tahun 2018.

Perkembangan indikator migas, kenaikan pendapatan migas, penyesuaian kebijakan subsidi BBM dan subsidi listrik, serta perkembangan besaran APBN tahun 2018 secara keseluruhan diperkirakan akan tetap dapat menjaga defisit pelaksanaan APBN tahun 2018 sekitar 2,19% dari PDB atau bahkan dapat sedikit lebih rendah.(helmi)