Angkasa Pura 2

Hati-hati Melintas di Jalan Tol Fungsional, Ini Kecepatan Maksimal yang Diizinkan

KoridorKamis, 7 Juni 2018
IMG-20180607-WA0005

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi kembali menegaskan, ada titik titik krusial yang rawan terjadi kemacetan terutama matra darat selama arus mudik Lebaran 2018. Semua matra terjadi kepadatan, tapi yang paling favorit tetap matra darat.

“Adapaun titik rawan macet itu adalah Pelabuhan Merak, Tol Jakarta-Cikampek terutama Gerbang Cikarang Utama, Bekasi dan Tol Cipali,” sebut Menhub didampingi Dirjen Hubdat Budi Setiyadi dan seluruh pejabat eselon I Kemenhub itu.

Oleh karena itu, Menhub minta seluruh jajarannya untuk memperkuat koordinasi dan sinergi dengan seluruh aparat di lapangan.Jika ada masalah, segera komunkasikan dan cari solusinya yang terbaik,” terang Menhub.

Dengan bantuan iptek khususnya di bidang IT, menurut Menhub, harus dimanfaatkan sebaik untuk meringankan beban tugas manusia. Selain itu juga
meningkatkan pelayanan dan keselamatan transportasi saat arus mudik Lebaran 2018 ini,” tegas Menhub.

Dari hasil penijauan jalur tol fungsional di Jawa Tengah dari Tegal-Semarang, bersama Menteri PUPR, Kakorlantas dan Jasa Marga, secara umum disimpulkan kondis jalan fungsional sangat baik dan laik untuk dilalui arus mudik Lebaran 2018.

Tapi kepada pengguna jalan atau pemudik, Menhub Budi Karya berpesan agar tetap hati-hati. Jangan memacu kendaraan melebihi batas, karan bisa membahayakan keselamatan diri dan pengguna jalan lainnya.

Maksimal 60 Km/ Jam

“Saat melaju di jalan tol fungsional, kecepatan rata-rata yang aman dan selamat antara 40-60 km/ jam. Jangan lebih dari itu, karena berbahaya,” papar Menhub.

Selain itu, Menhub mengingatkan masih ada beberapa ttik krusial atau belum selesai dibangun, antara lain di jembatan Kali Kutho, Kendal, dan Jembatan Kali Kenteng, di daerah Salatiga.

“Di kedua titik itu belum selesai dibangun. Tapi dibuatkan jalan alternatif dibawah jembatan. Dengan begitu, pengguna jalan harus ekstra hati-hati agar selamat sampai tujuan,” tandas Menhub.(helmi)