Angkasa Pura 2

Pernah Mau Menjadi Korban Calo di Pulogebang, Ini Resep Penangkalnya dari Menhub

KoridorKamis, 7 Juni 2018
IMG-20180607-WA0004

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menhub Budi Karya Sumadi memberikan resep anti calo tiket, termasuk menjelang mudik Lebaran 2018. Dalam kondisi padat (peak season) seperti ini, semua matra transportasi rawan penyalahgunaan oknum tertentu.

“Tapi, jika kita sudah menggunakan pemesanan tiket online, maka potensi permainan calo bisa ditekan. Termasuk di Terminal Pulogebang yang mulai banyak dikeluhkan masyarakat itu, calo akan hilang jika kita membeli tiket secara online,” kata Menhub Budi Karya menjawab BeritaTrans.com disela-sela Pembukaan Posko Angkutan Lebaran Nasional Terpadu di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Dia mengakui, Terminal Pulagebang kini mulai banyak calo bahkan cenderung makin agresif. “Saya juga pernah mau menjadi korban oknum calo yang mau menawarkan tiket di Terminal Pulogebang,” jelas Menhub.

Tapi jika kita ke Pulogebang sudah mempunyai tiket dan membeli secara online, menurut Menhub, maka calo dan oknum tak bertanggung jawab lainnya akan semakin kecil peluangnya.

“Dengan sistem tiket online, yang kini dikembangkan di matra darat (AKAP/ AKDP), semua pelayanan diberikan secara sama dan sebanding. Siapa yang pesan duluan akan dilayani dan mendapatkan harga standard,” papar Menhub.

Sebaliknya, jika kita datang ke terminal seperti Pulogebang misalnya, belum membawa tiket maka potensi menjadi korban calo itu ada. “Tugas kita adalah, bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik, profesional dan bersih. Salah satunya dengan tiket online ini.”

“Jika membeli tiket secara online, tak ada uang jasa atau tambahan lain yang tak perlu,” terang Menhub.

Terkait tugas dan tanggung jawab membersihkan oknum calo di terminal atau simpul-simpul transportasi lainnya, tambah Menhub, yang paling tinggi ada di Kementerian Perhubungan.

“Tapi, Kemenhub tak mungkin kerja sendirian. Perlu peran dan kepedulian pihak lain, terutama aparat keamanan serta masyarakat sebagai pengguna jasa transportasi. Mereka harus peduli dan jangan memberi kesempatan calo untuk bermain,” tegas Menhub.(helmi)

loading...