Angkasa Pura 2

YLKI Minta Kominfo Jaga dan Perbaiki Layanan Telekomunikasi Selama Mudik Lebaran

tulus-abadi-600x400

JAKARTA (BeritaTrans.com) – YLKI minta Kementerian Kominfo dan BRTI meningkatkan pengawasannya, guna memonitor performa kinerja operator telekomunikasi. Jangan sampai selama mudik Lebaran, konsumen mengeluarkan banyak dana untuk konsumsi telekomunikasi, tapi jangan sampai dirugikan karena kualitasnya jelek.

“Sebagaimana sektor transportasi, selama arus mudik Lebaran, sektor telekomunikasi juga akan mengalami lonjakan komunikasi yang sangat signifikan. Bahkan akan mengalami _heavy traffic_ di banyak titik mudik Lebaran,” kata Ketua YLKI Tulus Abadi di Jakarta, kemarin.

Oleh karena itu, lanjut dia, demi kenyamanan dalam bertelekomunikasi YLKI minta operator telekomunikasi untuk menjaga keandalannya, seperti memperbaiki atau menambah kapasitas infrastrukturnya, misalnya BTS, dll.

“Khususnya di daerah/lokasi yang jumlah lonjakan pemudiknya paling tinggi, atau tempat-tempat wisata populer yang banyak menyedot pengunjung,” jelas Tulus.

Dari hasil identifikasi YLKI, selama arus mudik Lebaran, ada poitensi gangguan komunikasi yang dominan dialami konsumen.

“Mereka itu adalah koneksi internet lambat, atau bahkan putus sambung, sehingga pesan data terkirim tapi delay atau bahkan gagal/tidak terkirim. Demikian juga komunikasi via voice dan juga via pesan pendek, sms,” tegas Tulus.(helmi)