Angkasa Pura 2

Tips Aman dan Selamat Lakukan Perjalanan Mudik ala KNKT

Koridor SDMJumat, 8 Juni 2018
Soerjanto KNKT

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kecelakaan lalu lintas masih mengancam, termasuk saat arus mudik Lebaran 2018. Perjalanan darat cukup riskan kecelakaan, apalagi jika pengemudi sudah lelah atau fatigue. Data Kepolisian RI (Polri) menunjukkan kecelakaan pada masa libur Idul Fitri tahun 2017 banyak disebabkan karena kelelahan (fatigue) pengemudi.

“Fatigue adalah kondisi penurunan kewaspadaan dan kemampuan baik fisik maupun mental,” kata ketua KNKT Dr.Ir. Soerjanto Tjahjono dalam pesan berantai yang diterima BeritaTrans.com di Jakarta, Kamis (7/6/2018) malam.

Dikatakan, fatigue berakibat penurunan performa, kemampuan memperkirakan jarak dan kecepatan, kemampuan mengambil keputusan, reaksi lebih lambat dan dapat berakibat tidur sesaat (microsleep).

Menurut Soerjanto, fatigue juga bisa terjadi karena kurang tidur, yang biasanya terasa 16 jam setelah bangun pagi atau tidur kurang dari 8 jam dalam beberapa hari.

“Fatigue juga dapat disebabkan oleh beban pekerjaan, atau gangguan ritme sirkadian, seperti bangun terlalu pagi atau begadang,” jelas Soerjanto.

Fatigue ditandai dengan rasa mengantuk, sering menguap, mata berair atau merah, sering malamun, konsentrasi menurun dan sering melakukan kesalahan.

Tips Cegah Fatigue

Fatigue dapat dicegah dengan tidur 8 jam setiap hari. Tidurlah sebelum memulai perjalanan panjang. “Istirahat selama 30 menit setiap 4 jam bagi pengendara mobil dan setiap 2 jam bagi pengendara sepeda motor,” terang Soerjanto.

Selanjutya, menghindari rokok, alkohol dan obat terlarang,” urai dia.

Jika sudah merasa lelah (fatigue), menurut Soerjanto, maka jangan minum kopi atau minuman energi berlebihan.

“Ajaklah ngobrol pengemudi secara aktif. Lakukan gerakan ringan (stretching). Apabila kelelahan tidak teratasi, berhentilah dan tidur,” ppar Soerjanto.

Dia emnambahkan, keselamatan anda, keluarga dan penumpang sangat penting. “Jaga kebugaran selama mengemudi saat mudik Lebaran 2018. Dan, berdoalah sebelum memulai perjalanan,” tegas Soerjanto.(helmi).

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari