Angkasa Pura 2

Mudik Gratis Sepeda Motor Perdana dengan Kapal Laut Dilepas

DermagaSabtu, 9 Juni 2018
IMG-20180609-WA0025

IMG-20180609-WA0026

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melepas kapal perdana mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut hari ini (9/6/2018) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Syahbandar Utama Tanjung Priok, Capt. Sudiono melepas keberangkatan kapal KMP. Dobonsolo milik PT Pelni yang mengangkut 1.228 orang pemudik dan 571 unit sepeda motor menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Kami melepas kapal Dobonsolo tujuan Semarang yang membawa para pemudik dan sepeda motor yang merupakan pelaksanaan perdana mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut,” kata Sudiono.

Dia menyatakan bahwa animo masyarakat yang menggunakan kapal sebagai sarana mudik cukup tinggi dibandingkan tahun lalu.

Hingga H-6 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439H/2018, kuota mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang digagas Kementerian Perhubungan telah mencapai 78.57 persen untuk arus mudik.

“Hal tersebut sangat menggembirakan mengingat Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menargetkan 60 persen dari kuota yang tersedia untuk para pemudik gratis sepeda motor dengan kapal laut di tahun 2018,” ujar Sudiono.

Selain itu, Sudiono juga mengatakan bahwa masyarakat yang memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut juga dimanja oleh Pemerintah dengan menyediakan kapal baru berikut dengan fasilitasnya untuk mengangkut para pemudik dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Total ada 16 unit kapal yang akan melayani mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dan sebagian diantaranya merupakan kapal baru milik Kementerian Perhubungan. Selain kapal baru, fasilitas yang ditawarkan juga diperuntukan untuk masyarakat seperti mendapatkan dua kali makan dan berhadiah sepeda motor bagi para pemudik,” ujar Sudiono.

Adapun 16 unit kapal tersebut terdiri dari 1 unit kapal KM. Dobonsolo, 10 unit kapal Perintis Sabuk Nusantara tipe GT 2000 dan GT 1200 serta 5 unit kapal ternak yang mampu menampung 700 unit sepeda motor. (omy)