Angkasa Pura 2

Konvoi Kapal Pemudik Gratis Akan Tiba Di Pelabuhan Semarang Selasa Pagi

Dermaga Koridor OtomotifSenin, 11 Juni 2018
mudik-gratis-sepeda-motor-dengan-kapal-laut-1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT. Pelni (Persero) menyelenggarakan angkutan mudik gratis sepeda motor dengan kapal Sabuk Nusantara (Sanus) dan Kapal pengangkut sepeda motor khusus yang berlayar beriringan dari Tanjung Priok Jakarta Sabtu (10/6/2018) menuju ke Semarang, Jawa Tengah.

Kapal-kapal tersebut membentuk formasi konvoi merupakan pertamakali dalam sejarah dunia maritim Indonesia. Konvoi ini diperkirakan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Senin (11/6/2018) mulai pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB.

Manager PR dan CSR PT. Pelni (Persero) Akhmad Sujadi mengatakan, konvoi kapal penumpang baru pertama kali terjadi sepanjang sejarah pelayaran Indonesia. Biasanya formasi konvoi hanya dilakukan TNI AL. Pengerahan kapal baru buatan dalam negeri tidak sia-sia, Kemenhub dan Pelni mencatatkan sejarah bagi negeri.

“Baru pertamakali pemberangkatan konvoi seperti bus di jalan raya. Andaikan masyarakat bisa melihat langsung, mereka akan berlomba mengabadikan dengan ponsel saat menyaksikan peristiwa langka di dunia ini,” terang Sujadi.

Terpantau di monitoring pusat kendali operasi kapal Pelni di kantor pusat Jakarta, posisi kapal pada pukul 04.00 WIB sudah memasuki daerah Pemalang, dengan formasi paling depan KM. Camara Nusantara 3, dibelakangnya KM. Sanus 84, Sanus 95, Sanus 85, Camara Nusantara 1 dan posisi terakhir Sanus 97.

“Pelayaran kapal di laut lepas sudah dapat dimonitor dari pusat kendali operasi seiring pembenahan teknologi informasi pelayaran yang dikembangkan Kemehub dan Pelni,” lanjut Sujadi.

Penyelenggaraan mudik gratis sepeda motor digagas Kemenhub, diimplementasikan oleh BUMN transportasi laut, PT. Pelni (Persero). Dirjen Perhubungan Laut Agus Purnomo dan Dirut PT. Pelni (Persero) Insan Purwarisya L. Tobing melepas pemudik motor gratis sepeda motor dengan 5 kapal, Minggu (10/6/2018) pagi.

“Pelaksanaan mudik gratis sepeda motor dimulai sejak Sabtu (9/6), Senin (11/6) ini sudah memasuki hari ketiga. Nanti siang akan ada konvoi lagi, sudah siap 8 kapal,” terangnya.

Tahun ini merupakan tahun keempat penyelenggaraan mudik gratis sepeda motor. Selama 4 tahun berturut-turut hanya jeda di tahun 2016, Kemenhub menugaskan PT. Pelni melayani mudik gratis sepeda motor dari Jakarta ke Semarang PP.

KM Dobonaolo dan Sanus

Pelni menyiapakn armada KM. Dobonsolo dan mengoperasikan 16 kapal Sanus untuk melaksanakan penugasan ini. “Tahun ini Kemenhub menyiapkan 16 kapal untuk mudik gratis sepeda motor Jakarta-Semarang PP,” tambahnya.

Kapal-kapal baru buatan dalam negeri dengan tipe 1.200 dan 2.000 GT berkapasitas penumpang 400 hingga 500 orang terbukti handal dalam pelayaran Jakarta-Semarang.

“Kapal ini cocok digunakan untuk transportasi antar pulau untuk menghubungkan pulau-pulau terluar, daerah tertinggal dan daerah maju, sehingga daerah tertinggal dapat ditopang daerah maju,” tandas Sujadi.(helmi)