Angkasa Pura 2

Menyusuri Tol Semarang-Madiun Bisa Ditempuh Dua Jam

Koridor SDMSenin, 11 Juni 2018
IMG-20180610-WA0034

IMG-20180611-WA0000

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perjalanan menggunakan tol dari Semarang hingga Madiun, Jawa Timur menggunakan jalan non tol bisa ditempuh 5 jam. Meski diakui saat ini masih ada beberapa ruas tol yang belum selesai dibangun.

“Namun dengan terhubung tol dapat lebih singkat sekitar 3 jam. Jadi lebih hemat waktu 2 jam,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Dikatakan, pemudik yang menggunakan Tol dalam Kota Semarang tidak mengalami hambatan lagi ketika berada di Tol Gate Tembalang.

“Mulai 9 Juni 2018 sudah tidak digunakan, diganti dengan pintu tol setiap masul tol. Tarif menjadi Rp 5 ribu untuk keluar dimanapun. Tarif flat diterapkan oleh operator PT jasa Marga,” jelas Djoko yang juga akademisi senior itu.

Namun diakui, masyarakat belum bisa menggunakan tol seluruhnya. Sesampainya, di Salatiga diteruskan dengan tol fungsional Salatiga hingga Kartasura.

“Kondisi jalan tol fungsional tidak seluruhnya rigid pavement, tapi banyak yang berupa lean concrete (LC) 10 cm,” papar Djoko.

Ada Jembatan Kali Kenteng dan Kali Serang yang belum selesai, sebabkab jalan curam dan menanjak. Gradien lebih dari 10%. “Tidak memenuhi syarat sebagai jalan tol,” terang Djoko.

Selanjutnya, pengemudi harus berhati-hati. Sering ada kendaraan tidak kuat menanjak, sehingga perlu bantuan didorong atau diganjal bannya, supaya bisa menanjak.

Melihat geometrik jalan tersebut, sebenarnya tidak perlu direkomdasi jadi tol fungsional saat mudik Lebaran.

“Jika antrian kendaraan cukup panjang, dialihkan keluar Tol gate Salatiga,” tegas Djoko.(helmi)