Angkasa Pura 2

Ratusan Taruna Transportasi BPSDMP Ditugaskan di Posko Angkutan Lebaran 2018

SDMSenin, 11 Juni 2018
Yugi Taruni Posko

IMG-20180607-WA0010

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ratusan taruna-Taruni BPSDMP bertugas membantu pelnyelengggaraan Posko Angkutan Lebaran di seluruh Tanah Air. Ini bagian dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

“Mereka diperbantukan di posko angkutan Lebaran di simpul-simpul trabnsprtasi seperti terminal, bandara, pelabuhan, stasiun dan lainnya,” Sekretaris BPSDMP M.Yughartiman dalam perbincangan dengan BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (11/6/2018).

Kalau mengacu pada Posko Angkutan Lebaran tahun 2017, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) minta bantuan 3.400 taruna dari seluruh matra transportasi di Indonesia untuk bertugas di pokso.

“Tahun ini mesti dicek lagi. Tapi, jumlahnya tak jauh berbeda, sekitar 3.400 taruna,” kata Yugi saat bertugas menjadi Ketua Harian Posko Angkutan Lebaran 2018 itu.

Seluruh kampus transportasi BPSDMP mengirimkan taruna terbaiknya untuk bertugas membantu di Psoko Angkutan Lebaran di daerahnya masing-masing terutama di simpul transportasi.

Beberapa titik rawan kemacetan sepetti jalur panura Jawa, banyak taruna PKTJ Tegal ditugaskan untuk membantu mengatur lalin di lokasi kemacetan.

Seperti diketahui, kampus transportasi BPSDMP tersebar di selkuruh Indonesia, mulai BP2IP Malahayati Aceh Besar di bagian barat sampai BPPP Jayapura di ujung timur Indonesia.

Kemenhub melalui BPSDMP bekerja sama dengan PMI dengan merekrut 200 taruna menjadi relawan kebencanaan dibawah kendalai PMI. Mereka berasal dari tga kampus berbeda, yaitu STPI Curug, STIP Jakarta dan STTD Bekasi.

“Para taruna BPSDMP itu direkrut dan diberikan pembekalan oleh pihak PMI, sebelum diturunkan ke posko di lapangan,” jelas Yugi lagi.

Sementara, di Posko Angkutan Lebaran para taruna bertugas membantu di bagian administrasi, pendataan bahkan membantu warga masyarakat yang membutuhkan baik di terminal, bandara, stasiun dan lainnya.

“Para taruna itu akan bertugas secara bergiliutan, mulai pembukaan psoko angkutan Lebaran pada H-7 sampai H+7 Lebaran mendatang,” tandas Yugi.(helmi)