Angkasa Pura 2

Kemenhub Lepas 2.432 Pemudik Sepeda Motor Gratis Pakai Kapal Ro-Ro

Dermaga KoridorRabu, 13 Juni 2018
IMG-20180613-WA0015

JAKARTA (beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melepas 2.432 rombongan pemudik motor yang akan menggunakan kapal penyeberangan (kapal Roll On- Roll Off/roro) di Dermaga Ex Presiden, Tanjung Priok pada Rabu (13/6/2018) siang.

Ada 3 kapal dengan 3 jurusan yang diberangkatkan pada hari ini yaitu Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang, dan Jakarta- Surabaya.

Pelepasan pemudik ini dilakukan oleh Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Antar Lembaga, Buyung Lalana.

“Mudik merupakan tradisi tahunan kita dalam waktu Lebaran. Berdasarkan hasil perkiraan Kemenhub, pemudik tahun ini mencapai jumlah 19,50 juta orang dengan kenaikan 5% dibanding tahun 2017,” jelas Buyung dalam sambutan pembukanya di lokasi acara.

Buyung juga menambahkan, bahwa program mudik gratis ini dilaksanakan dengan harapan mengurangi tingkat kecelakaan dan kepadatan arus mudik pengendara roda dua. 

Khusus siang ini, penumpang tujuan Semarang akan diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Untuk tujuan Surabaya telah diberangkatkan pada pukul 09.00 WIB pagi tadi, sementara malam pukul 19.00 diberangkatkan pula penumpang dengan tujuan Panjang, Lampung. Kapal yang digunakan ketiga rute tersebut merupakan milik PT. Atosim Lampung Pelayaran (PT. ALP). 

Tahun ini terdapat peningkatan jumlah peminat pemudik dengan menggunakan kapal penyeberangan. “Terjadi peningkatan hampir 50% penumpang dibanding pemudik dengan kapal roro tahun lalu,” ujar Cucu Mulyana, Direktur Angkutan dan Multimoda melalui laporannya di lokasi pemberangkatan. 

“Walaupun dibandingkan jalur darat, (lewat jalur laut) lebih lama tapi terbebas dari kemacetan. Akurasi waktunya pun tinggi jadi kalau ditarget 9 jam akan sampai pada waktu 9 jam. Dan bagi masyarakat, akan jadi pengalaman yang menyenangkan terutama bagi yang baru pertama kali,” tambah Cucu sebelum seremonial pelepasan dimulai.

Total jumlah pemudik yang diangkut dengan kapal penyeberangan dengan 3 rute ini berjumlah 2.432 penumpang dan 1.110 motor. 

Perjalanan dengan kapal penyeberangan memakan waktu sekitar 11-24 jam. Untuk rute Jakarta-Lampung ditempuh selama 11 jam, Jakarta-Semarang 15 jam, dan Jakarta-Surabaya 24 jam.

“Sementara ini pemerintah, dalam arahan awal siap menambah kuota mudik gratis tahun depan,” ucap Cucu yang disambut antusias oleh para pemudik. Cucu juga menyampaikan bahwa selain mudik dengan kapal penyeberangan, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) juga menyediakan mudik dengan bus ke 32 kota di Jawa dan Sumatera. 32 kota tujuan tersebut antara lain 25 kota tujuan di Jawa Tengah, 5 kota tujuan di Jawa Barat, 1 kota tujuan ke Jawa Timur, serta 1 kota di Sumatera.

Pemudik yang menggunakan kapal penyeberangan ini mendapatkan beberapa fasilitas antara lain jaminan keselamatan berupa asuransi jiwa dan asuransi kerugian sepeda motor, fasilitas ruang penumpang yang full AC, fasilitas kesehatan serta mendapatkan makanan untuk buka puasa maupun sahur.

Selepas seremonial pengguntingan pita di ramp door kapal oleh Buyung Lalana, dengan didampingi Cucu Mulyana dan Direktur Prasarana Perhubungan Darat, J.E. Wahjuningrum, Buyung berkeliling kapal untuk memantau kapal serta menyapa para penumpang. (aliy)

loading...