Angkasa Pura 2

Pemerintah Akan Sediakan 24 Rest Area untuk Arus Balik Semarang – Jakarta

KoridorKamis, 14 Juni 2018
WhatsApp Image 2018-06-14 at 13.11.39

JAKARTA (beritatrans.com) – Sebanyak 24 Rest Area akan di siapkan pada jalur mudik Semarang – Jakarta untuk memfasilitasi para pemudik dalam arus balik. Hal ini dikatakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Koordinasi Antisipasi Menghadapi Arus Balik Lebaran 2018 bertempat di Kantor Korlantas Polri, Kamis (14/6/2018).

“Berkaitan dengan apa yang kita identifikasi pada saat arus mudik, memang dibutuhkan beberapa rest area & parkir. Dan dari yang kita konsolidasikan, ada 24 rest area dan tempat parkir dari Semarang sampai dengan Jakarta.  12 dari Semarang sampai Cikampek  dan 12 lagi dari Cikampek sampai dengan Jakarta,” ujar Menhub Budi.

Dalam rapat koordinasi juga diputuskan untuk melakukan kampanye kuliner, dengan cara mempromosikan makanan atau oleh-oleh khas masing-masing daerah pada kota-kota di sepanjang jalur mudik. Hal ini ditujukan agar pemudik tertarik dan menjadikan tempat makan atau tempat penjualan oleh-oleh menjadi tempat beristirahat mereka.

“Secara khusus kami akan membuat suatu kampanye kuliner, dimana masing-masing kota dengan kearifan lokalnya ini menjadi suatu bagian yang menyeimbangkan kegiatan ritual akbar ini dengan menjadi kegiatan wisata yang baik,” terang Menhub Budi.

“Kita akan mempromosikan kota-kota di sepanjang itu sebagai tempat rest area. Tempat jual beli oleh-oleh dan tempat makan yaitu ada beberapa kota diantaranya kota Batang, Tegal, dan Brebes,” tambahnya.

Pada perkiraan puncak arus balik yang di prediksi akan jatuh pada tanggal 19 & 20 Juni mendatang, Dirjen Perhubungan Darat akan memberikan himbauan kepada stakeholder terkait agar kendaraan sumbu 3 tidak melalui jalur tol baik ruas tol operasional maupun ruas tol fungsional pada tanggal tersebut.

“Puncak mudik balik terjadi pada 19-20, oleh karenanya kita menambahkan untuk kendaraan 3 sumbu nanti akan dibuat surat edaran oleh Dirjen Darat kepada para stakeholder, untuk menghimbau agar kendaraan sumbu 3 tidak melalui jalur-jalur  tol dan tol fungsional,” jelas Menhub.

Selain itu, Menteri Perhubungan juga meminta kepada para operator masing-masing rest area agar meningkatkan fasilitas yang ada. Seperti memperbanyak jumlah toilet serta mempersiapkan agar toilet-toilet lebih bersih dan dijaga dengan baik.
 
“Hal lain yang kita mintakan kepada masing-masing pihak operator, agar meningkatkan kualitas dari masing-masing rest area. Artinya kalau memang memiliki toilet, agar toilet disiapkan lebih banyak, lebih bersih, dan dijaga dengan baik,” pungkas Menhub.

Terakhir, Menhub Budi berharap agar para pedagang kaki lima yang tersebar di sepanjang jalur arus mudik dan balik dikumpulkan. Akan dilakukan koordinasi dengan Walikota dan Bupati setempat untuk mendukung hal tersebut.

“Kita juga menyarankan agar PKL-PKL  yang semuanya tersebar dimana mana, dikumpulkan. Kita akan menghubungi Walikota dan Bupati bahwa untuk kampanye ini agar mereka juga pro aktif melakukan kegiatan-kegiatan ini,” tutup Menhub.

Turut hadir dalam acara ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Asisten Operasi Kapolri Irjen Pol Deden Juhara, Direktur Jasa Raharja Budi Rahardjo, Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani. (aliy)

loading...