Angkasa Pura 2

Antisipasi Arus Balik Lebaran, KSOP Kumai Prioritaskan Kapal Penumpang untuk Sandar

DermagaSabtu, 16 Juni 2018
Dfe1MP5V4AAlrVP

KUMAI (BeritaTrans.com) – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai, Kalimantan Tengah (Kalteng) memprioritaskan kapal penumpang untuk sandar sekaligus melayani penumpang dengan baik pada masa angkutan mudik dan balik Lebaran 2018.

“Sampai H-1 Lebaran kemarin sebanyak  28 kapal yang mengangkut pemudik terutama tujuan Jawa. Semua dilayani dengan baik,” kata Kepala KSOP Kumai Capt. Wahyu Prihanto menjawab BeritaTrans.com, Sabtu (16/6/2018) malam.

Menurutnya mereka itulah yang proyeksikan akan kembali  meramaikan Pelabuhan Kumai saat arus balik Lebaran  2018 ini.

“KSOP Kumai bersama  operator dan aparat pemerintah lain sudah melakukan berbagai persiapan  menjelang arus balik Lebaran ini,” kata dia lagi.

Sebagai pimpinan, Capt Wahyu turun ke lapangan bersama staf menyambut dan melayani masyarakat yang akan naik atau turun dari kapal di Kumai.

Terminal Panglima Utar dan fasilitas pendukungnya sudah siap di Pelabuhan Kumai. Sedang tiket kapal dijual  secara online dan selama ini sudah berjalan lancar.  Selama arus mudik Lebaran 2018 lalu berjalan lancar.

“Yang perlu dilakukan ke depan, bagaimana melayani penumpang yang datang dan akan meninggalkan Kumai dengan baik, aman dan lancar,” papar Capt. Wahyu.

Posko Sampai H+15

Posko angkutan Lebaran  2018 di KSOP Kumai akan dibuka  dan siap melayani warga masyarakat sampai H+15 Lebaran mendatang.  Pelabuhan Kumai bersama 51 pelabuhan lain di Indonesia siap melayani penumpang dan barang dengan baik.

“Seluruh infrastruktur transportasi dan SDM  sektor maritim di Kumai siap melayani pemudik kembali ke Kumai dan Kalteng untuk bekerja kembali,” jelas Capt. Wahyu.

Mereka itu kebanyakan pekerja  di sektor perkebunan  dan pertambangan serta pekerja nonformal lain yang bekerja di Kalteng dan sekitarnya.

 ”Mereka pulang untuk merayakan Lebaran. Setelah itu, kembali ke Kalteng untuk bekerja kembali,” papar Capt. Wahyu.

Beberapa operator kapal nasional seperti PT Pelni, Dharma Lautan Utama, ASDP dan lainnya siap mengangkut pemudik kembali ke Kalteng melalui Kumai   untuk bekerja kembali.

“Kita semua siap bersinergi dan bekerja melayani masyarakat dengan baik sesuai  SOP yang ada,” tandas Capt  Wahyu.(helmi)