Angkasa Pura 2

Pelayaran Meningkat di Perairan Kepulauan Seribu, Kemenhub Siagakan 2 Kapal Patroli

DermagaSabtu, 16 Juni 2018
IMG-20180616-WA0015

IMG-20180616-WA0014
JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyiagakan dua unit kapal patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Kapal patroli tersebut disiagakan untuk melakukan pengawasan keselamatan pelayaran kapal-kapal tradisional yang berlayar dari Pelabuhan Kali Adem ke Kepulauan Seribu maupun sebaliknya.

“Ada dua kapal patroli KPLP milik Pangkalan PLP Tanjung Priok yaitu KNP.348 dan KNP.206 yang kami siagakan melakukan pengawasan keselamatan pelayaran kapal-kapal tradisional yang membawa penumpang yang akan berwisata di liburan Lebaran ini dari Pelabuhan Kali Adem ke Kepulauan Seribu maupun sebaliknya,” ujar Kasie. Operasi Pangkalan PLP Tanjung Priok, Capt. Pujo Kurnianto di Jakarta, Sabtu (16/6/2018).

Untuk kewaspadaan SAR, Pangkalan PLP Tanjung Priok juga menyiagakan satu unit sea rider SAR yang akan mulai bergerak melakukan pengawasan di alur Muara Angke sampai Kepulauan Seribu yang dimulai pada H+1 s.d. H+7 dengan enam personel SAR.

Hal tersebut, menurut Capt. Pujo merupakan tindaklanjut dari Telegram Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor 61/V/DN-18 tanggal 28 Mei 2018 tentang peningkatan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran khususnya pada hari besar, libur dan cuti bersama yang ditandatangani Direktur KPLP Junaidi.

Dia menjelaskan bahwa kapal patroli KPLP milik Pangkalan PLP Tanjung Priok juga mengawal pelayaran kapal mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Ini merupakan panggilan hati bagi kami, bagaimana kami dapat ikut berperan serta di penyelenggaraan angkutan laut Lebaran yang disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi Pangkalan PLP yaitu melakukan pengawasan, penertiban, dan penegakkan hukum bidang keselamatan dan keamanan pelayaran,” ujar Capt. Pujo.

Menurutnya, personel PLP yang profesional harus cepat bertindak saat terjadi kecelakaan di laut, tegas dalam menegakkan hukum, serta menghindari perbuatan dan tindakan tercela.

“Saat ini kapal patroli KPLP KNP.348 standby di Pulau Untung Jawa. Kami terus berkoordinasi dengan KSOP Muara Angke dan KSOP Kepulauan Seribu serta rutin melakukan patroli. Semoga liburan masyarakat ke Kepulauan Seribu dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan,” tutup Capt. Pujo. (omy)

loading...